Pelatihan Pembuatan Majalah SMK Muhammadiyah Wonosobo

WONOSOBO, Suara Muhammadiyah- Majalah Orbis merupakan salah satu media cetak terbitan SMK Muhammadiyah Wonosobo. Majalah yang dikelola oleh kelas ekstrakulikuler (eskul) jurnalitik sekolah tersebut, terbit setahun sekali.

Prestasi terbaru Orbis ialah dinobatkan sebagai juara 2 nasional pada Olimpicad (Olimpiade Ahmad Dahlan) 2019 di Semarang Jawa Tengah. Tri Prasojo guru pengampu eskul jurnalustik SMK Muhammadiyah Wonosobo menuturkan, bahwa sekarang minat siswa pada kelas jurnalistik makin besar.

Bisa dikatakan, lanjutnya, eskul jurnalustik dipandan elegan oleh mayoritas siswa dan jadi eskul favorit. Ditambah,  dukungan sekolah pada penguatan media litarasi siswa ini juga makin serius. Hampir kebutuhan eskul dipenuhi oleh pihak sekolah.

“Anak-anak minta komputer untuk desain dan buat video yang bagus, kita belikan. Anak-anak minta camera kita belikan. Pokoknya kami ingin anak kreatif dan inovatif dalam bikin konten,” terang Setya Rahmawwanto Kepala SMK Muhammadiyah Wonosobo.

Guna meningkatkan mutu peserta eskul dan mutu majalah Orbis ke depan, kemarin 17/01/20 hingga hari ini, sekolah mengadakan pelatihan pembuatan majalah untuk peserta eskul jurnalistik angkatan VI.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Tri Prasojo mengatakan, konsep pelatihan kali ini lebih banyak materi dan lebih luas. Harapanya, dengan berbagai materi seperti menulis berita dan artikel, fotografi, edit video, dan pelatihan desain dan layout, bisa lebih mengarahkan siswa sesuai dengan bakat dan minat masing-masing.

Termasuk, Setya menambahkan, diberikannya berbagai materi, bisa memicu siswa untuk terus berkarya, berimajinasi, berkreasi, dan berinovasi. (gsh).

Exit mobile version