Mahasiswa Ilmu Hadis UAD Jadi MC pada Acara IYS 2020 di Turki

Mahasiswa Ilmu Hadis UAD Jadi MC pada Acara IYS 2020 di Turki

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Mahasiswa Prodi Ilmu Hadis Fakultas Agama Islam UAD, Syarifatimah, diundang sebagai master of ceremony (MC) pada acara Istanbul Youth summit 2020. Acara ini diselenggarakan di negeri dua benua Istanbul Turki selama 4 hari, mulai dari tanggal 27-30 Januari 2020.

Istanbul Youth Summit (IYS) adalah sebuah kegiatan yang diprakarsai oleh Youth Break the Boundaries (YBB). YBB merupakan sebuah yayasan yang dibangun oleh beberapa pemuda Indonesia yang berbasis non-pemerintah.

Pada hari pertama, acara pembukaan disambut hangat oleh Pemerintah Istanbul dan diawali dengan sambutan CEO YBB. Acara ini juga dihadiri oleh Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) Istanbul sekaligus memberikan welcoming speech dalam acara tersebut.

Pada hari kedua acara dilanjutkan dengan Symposium Internasional, menghadirkan beberapa tokoh di Istanbul, di antaranya ialah Konjen RI Istanbul Imam Asy’ari, Asrorun Ni’am Sholeh (Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora), Yanuar Nugroho (Akademisi dan Mantan Deputi 2 Kantor Staf Presiden RI), motivator Analisa Widyaningrum, Influencer Turah Parthayana,  serta beberapa pembicara lain dari Istanbul.

Pada hari ketiga, yang merupakan inti rangkaian acara Istanbul Youth Summit 2020, diadakan Open Speech Internasional. Dalam hal ini setiap delegasi diberikan kesempatan untuk menyumbangkan gagasan-gagasan inovatif dari berbagai perspektif. Gagasan-gagasan yang dipaparkan ini  diharapkan dapat menjadi peluang untuk memajukan sistem pendidikan di Indonesia.

Sesi pada hari terakhir ditutup dengan kunjungan ke Istanbul University yang merupakan universitas tertua di Istanbul Turki. Universitas ini dibuka setelah penaklukan Konstantinopel pada tahun 1453. Pada kunjungan itu rombongan disambut hangat oleh Prof. Dr. Mahmut AK selaku Rektor Istanbul University. (Niki Alma)

Exit mobile version