24 RS Muhammadiyah Terima Bantuan APD Covid-19

RS Muhammadiyah Terima Bantuan APD

24 RS Muhammadiyah Terima Bantuan APD Covid-19 Dok MCCC/SM

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Seperti diberitakan sebelumnya Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) menerima bantuan logistik dalam penanganan Covid-19 dari Temasek International Foundation berupa masker, alat kesehatan dan Alat Perlindungan Diri (APD). Tahap pertama dan kedua bantuan Temasek berupa masker kain pakai ulang sejumlah total satu juta potong, sedangkan tahap ketiga berupa alat kesehatan dan APD.

Bantuan tahap ketiga itu tiba di tanah air pada hari Sabtu, 21 November 2020 yang lalu di pelabuhan Tanjung Priok dan diterima langsung oleh perwakilan MCCC PP Muhammadiyah, Mashuri Masyhuda. Bantuan seberat total 22, 9 ton tersebut diangkut menggunakan kapal perang TNI AL, KRI Semarang 594 bersama bantuan serupa untuk instansi pemerintah dan organisasi penerima yang lain.

Setelah diterima, bantuan itu ditempatkan sementara di gudang sementara MCCC PP Muhammadiyah di gedung Pusdiklat RSI Jakarta Cempaka Putih untuk dikemas ulang sesuai dengan rumah sakit penerima. Kemudian untuk pengiriman dalam jumlah besar pertama untuk 24 rumah sakit Muhammadiyah Aisyiyah di Jawa Tengah pada hari Jum’at (11/12).

Kemarin, Senin (14/12) bantuan alat kesehatan dari Temasek itu diserah terimakan di Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah di Semarang. MCCC PP Muhammadiyah diwakili oleh Mashuri Masyhuda selaku divisi logistik dan ikut menyerahkan pula Ketua PWM Jawa Tengah, Tafsir serta Ketua MPKU Jawa Tengah. Serah terima dihadiri oleh para direktur ke-24 RSMA di Jawa Tengah yang menerima langsung penyerahan bantuan tersebut.

Mashuri Masyhuda mengatakan untuk Jawa Tengah alkes yang dikirim berupa BIPAP berjumlah 18 unit, oxygen concentrator 41 unit dan ventilator berjumlah 4 unit. “Selain alat kesehatan kami menerima bantuan APD cukup banyak, jumlahnya total puluhan ribu Seperti masker N95 15 ribu, masker medis 15 ribu, hazmat 10 ribu, face shield 5 ribu, googles 5 ribu dan pelindung sepatu 15 ribu. Semua itu untuk mendukung 84 rumah sakit Muhammadiyah Aisyiyah yang merawat pasien Covid-19,” katanya.

Sementara itu Agus Samsudin, Ketua MCCC PP Muhammadiyah mengatakan bahwa bantuan dari Temasek diharapkan meningkatkan kapasitas, kapabilitas 84 rumah sakit Muhammadiyah Aisyiyah yang saat ini melayani penderita Covid-19 di Indonesia. “Semoga dengan bantuan ini mendukung ketahanan rumah sakit dalam melayani pasien covid-19 dan tenaga kesehatan Muhammadiyah juga lebih optimal dalam memberikan pelayanan,” katanya. (Budi Santoso)

Exit mobile version