Rencana Pembangunan Gedung Baru RS PKU Muhammadiyah Sruweng

Rencana Pembangunan Gedung Baru RS PKU Muhammadiyah Sruweng

KEBUMEN, Suara Muhammadiyah- Bertepatan dengan hari bidan internasional yang jatuh pada tanggal 5 Mei, RS PKU Muhammadiyah Sruweng, Kebumen, Jawa Tengah, juga memperingati hari miladnya yang ke-36. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tepatnya sebelum pandemi, kemeriahan kegiatan songsong milad RS PKU ini selalu ramai. Namun karena pandemi, fokus RS PKU Sruweng lebih kepada peningkatan pelayanan dan mutu.

Tenggar Wardana Ketua PCM Sruweng melalui pesan singkat WhatsApp (5/5/21) menyampaikan, selama pandemi RS PKU Muhammadiyah Sruweng meniadakan semua bentuk kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Termasuk meniadakan kegiatan perayaan milad yang penyelenggaraannya biasanya sangat meriah. “Tidak ada acara karena pandemi, tapi kita punya rencana pembangunan gedung baru. Paling rencana pembangunan habis lebaran,” tulisnya singkat.

Rancangan gedung baru RS PKU Muhammadiyah Sruweng

Gedung baru ini, Tenggar menjelaskan, akan dikonsep menjadi disruptif building. Di mana gedung ini akan terdiri dari 4 lantai. “Lantai satu dan dua akan berfungsi sebagai poliklinik spesialis dengan ruang tunggu yang luas dan nyaman, memenuhi standar keamanan protokol kesehatan, dilengkapi dengan fasilitas digitalisasi untuk memberikan kemudahan bagi pasien,” jelasnya.

“Di gedung poliklinik juga akan disediakan area komersial berupa cofee shop, pertokoan, dan ruang yang dikhususkan bagi pasien yang harus menggunakan kursi roda atau brankar agar bisa beristirahat dengan nyaman sambil menunggu antrian,” imbuh Tenggar.

Selanjutnya, ia melanjutkan, lantai tiga akan digunakan sebagai ruang persalinan, perinatal care, dan ruang rawat inap kebidanan. Sedang lantai empatnya akan dimanfaatkan untuk kamar operasi yang menggunakan MOT (Modular operating theatre) sehingga kamar operasi akan dilengkapi peralatan modern yang bisa menunjang performa maupun pengendalian infeksi.

“Selain ruang operasi, lantai empat juga akan digunakan untuk ruang ICU yang juga didesign menjadi ruang ICU berstandar tinggi. Sehingga diharapkan kamar operasi dan ICU digedung abru akan menjadi yang terbaik dan aman di Kebumen,” harap Tenggar.

Foto lama RS PKU Muhammadiyah Sruweng

“Selamat Milad PKU Sruweng ke-36 semoga menjadi rumah sakit yang barakah dan tambah maju.” Pungkas Tenggar. (gsh)

Exit mobile version