Peresmian Grha TR PWM DIY Pusat Digitalisasi Wakaf

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM DIY) meresmikan gedung barunya Grha TR (Tutik dan Rudi), Rabu 9 Juni 20121. Gedung satu lantai dengan luas bangunan 200 m2 ini merupakan pemberian wakaf dari pasangan Hj Tutik Herawanti dan H Rudi Sastiawan.

“Mulai dari desain, proses pembangunan, hingga jadi, saya sendiri yang mengurusnya langsung,” ucap Rudi dalam sambutannya.

Grha TR ini, sambung Gita Danu Pranata Ketua PWM DIY, diperuntukan bagi, pertama, kantor SIMAM (Sistem Informasi Manajemen Aset Muhammadiyah) dan JariyahMu yang dikelola Majelis Wakaf PWM DIY yang dipercaya menggawangi sistem digitalisasi wakaf dan kehartabendaan persyarikatan secara nasional. Kedua, kantor KBIHU (Kelompok Bimbingan Haji dan Umrah) PWM DIY. Ketiga, kantor Lazismu pusat perwakilan DIY sekaligus kantor Lazismu DIY.

“Dengan ini harapannya makin dirasakannya kebermanfaatan persyarikatan untuk umat dan meningkatkan pelayanan pejuang persyarikatan untuk umat,” terang Gita.

Selain peresmian, pada acara ini juga dilakukan penyerahan secara simbolik satu unit mobil dari PKU Muhammadiyah Gamping kepada LPCR DIY yang diserahkan langsung oleh Agus Taufiqurrahman Ketua BPH PKU Yogyakarta kepada ketua PWM DIY Gita Danu Pranata. “Mobil ini tentu akan mempermudah mobilitas LPCR PWM DIY dalam berbagai program dan kegiatannya,” imbuh Gita.

Sementara, lewat mimbar pengajian, Agus Taufiqurrahman yang juga Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan, bahwa wakaf, zakat, infaq, dan sedekah merupakan bentuk kecintaan seseorang terhadap harta benda yang dimiliki. “Kalau kita suka menabung sebagai bentuk untuk jaga-jaga sekaligus bekal masa depan, maka sedekah juga pada hakekatnya adalah menabung untuk bekal di akhirat kelak. Bahkan kalau kita sadar dan percaya, bersedekah walau untuk tabungan akhirat, tapi bagi hasilnya seringkali kita dapatkan di dunia. Maka semakin banyak bersedekah maka semakin mudah pula kita memperoleh rejeki yang berlipat,” tegas Agus.

Selain itu, mengutip hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuan dari Harvard University, Agus menjelaskan, bahwa bersedekah dan silaturahim dapat memperpanjang umur dan meninggikan tingkat kebahagiaan seseorang. “Berdasarkan penelitian tersebut, salah satu faktor yang memperpanjang umur dan meningkatkan kebahagiaan adalah karena baiknya relationship, kemampuan menjalin relasi sosial yang baik. Silaturahim dan bersedekah adalah salah satu wujud dari relationship yang baik itu. Al-Qur’an dan hadits juga berbicara dengan itu. Tinggal kita sadar dan ikhlas atau tidak. Karena ikhlas itu memang sangat berat dan berat,” ujar Agus.

Terakhir, acara peresmian tersebut ditutup dengan pengguntingan pita oleh Tutik dan Rudi yang disaksikan langsung oleh Agus Taufiqurrahman dan Gita Danu Pranata. Grha TR ini beralamat di Jln Gedongkuning 156 Rejowinangun Kotagede Yogyakarta atau 200m selatan kantor PWM DIY. (gsh).

Exit mobile version