Dubes Jepang Tertarik Berikan Kuliah Umum di PTM

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Kanasugi Kenji, Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia berkunjung ke Gedung Pimpinan Pusat Muhammadiyah, pada Kamis (24/6). Ia didampingi Direktur Bagian Politik Tanaka Motoyasu dan Nishikawa Kei, Kanasugi dijamu oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti dan Sekretaris Lembaga Hubungan dan Kerjasama Internasional PP Muhammadiyah, Wachid Ridwan.

Tak ketinggalan, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir juga hadir menyapa Kanasugi secara daring dari kediamannya di Yogyakarta. Kepada Haedar, Kanasugi menyatakan apresiasinya atas komitmen moderasi dan peran besar Muhammadiyah di bidang kesehatan dan pendidikan. Sebagaimana diketahui, Kanasugi menggantikan Masafumi Ishii yang purna tugas pada akhir 2020 lalu.

Lebih lanjut, dirinya berharap kerjasama yang telah dijalin dengan Muhammadiyah melalui program Genesis dan berbagai program lainnya terus dapat berlanjut. “Kami sepakat untuk berusaha meningkatkan pertukaran dan komunikasi antara masyarakat Jepang dan komunitas Muslim di Indonesia berdasarkan hubungan persahabatan yang telah terjalin selama ini,” ujarnya. Lebih lanjut ia menyampaikan “Saya akan merasa terhormat jika suatu hari diberikan kesempatan untuk memberikan kuliah umum di universitas milik Muhammadiyah,” ungkap Kanasugi.

Menyambut Kanasugi, Haedar Nashir menyatakan bahwa Jepang bukanlah negara yang asing bagi Indonesia ataupun Muhammadiyah. Selain berharap kelanjutan kerjasama yang saling menguntungkan di bidang pendidikan dan kesehatan, Haedar mendukung jepang mengambil peran membangun sumber daya manusia di kawasan Asia. Silaturahmi yang dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan berjalan hangat. Berjalan sekira satu jam, silaturahmi ditutup dengan bertukar cindera mata. (diko)

Exit mobile version