Pesan Kemerdekaan, Muhammadiyah Ingatkan Tanggung Jawab Menjaga Keutuhan Bangsa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dalam memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-76 yang bertepatan dengan tanggal 17 Agustus 2021, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir menyampaikan ucapan selamat. Menurutnya, hari kemerdekaan adalah sebuah momentum bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia.

Allah SWT telah menganugrahi bangsa Indonesia sebagai bangsa yang majemuk dan moderat. Bangsa yang terdiri dari berbagai agama, suku bangsa, ras, latar belakang kedaerahan, serta kebudayaan yang sangat beragam.

Walau dalam keragaman, bangsa Indonesia tetap bisa hidup rukun dan bersatu membangun Indonesia. Meski mayoritas penduduknya Muslim, bangsa Indonesia selalu mengedepankan toleransi dan persatuan.

Negeri ini telah dianugrahi Allah dengan alam yang kaya dan indah, serta menjadi Tanah Air untuk semua. Keindahan alam dan kekayaannya mampu mengundang Multatuli dan mengatakan bahwa Indonesia bagaikan untaian zamrud khatulistiwa dengan iklim moderat, kaya dengan flora dan fauna, sumber daya alam melimpah, bahkan sebagai negeri kepulauan mampu bersatu dan berdaulat sebagai NKRI.

“Di tengah suasana memperingati 76 tahun kemerdekaan Indonesia, mari kita tumbuhkan semangat ukhuwah yang lahir dari kebersamaan dan kebhinekaan,” ujarnya.

Sebagai penduduk mayoritas, kaum muslim telah memberikan warna dalam moderasi beragama, berbangsa, dan bernegara. Banyak pengorbanan dan perjuangan yang telah ditorehkan. “Maka, pada saat ini dan ke depan, umat Muslim dan seluruh umat beragama memiliki tanggungjawab Illahiyah dan Insaniyah untuk menjadikan negeri ini tetap utuh. Kaum Muslim sebagai mayoritas harus menjadi uswah khasana. Hadir menumbuhkan sikap moderat untuk membawa Indonesia sebagai bangsa yang bersatu dan berkemajuan. (diko)

Exit mobile version