Lingkungan Pendidikan, Lingkungan Generasi Hebat

Oleh: Nawang Lukman Priyonggo

Berawal dari keluhan para orang tua terhadap pendidikan anaknya di masa pandemi. Di mana sang anak kurang tertata akhlaknya karena pembelajaran secara online yang kurang efektif dalam pembentukan karakter dan keperibadian. Maka dari itu diperlukan peran orang tua, guru serta masyarakat untuk berkerjasama membentuk lingkungan belajar yang ideal, khususnya dalam upaya pembentukan karakter dan akhlak anak. Dengan menata kembali kualitas dan perhatian terhadap anak demi terbentuknya akhlak dan pendidikan yang baik terhadap anak.

Langkah pertama adalah menanamkan pemahaman kepada anak. Dengan memberikan pemahaman nilai-nilai ketauhidan sebagai langkah awal bahwa mereka mempunya Allah SWT sebagai Tuhan yang selalu mengawasi, menilai, dan memberikan balasan di dalam segala lini kehidupan. Sebagaimana dijelaskan di dalam Al-Qur’an surat An-Nisa ayat pertama.

Kedua, setelah anak-anak terbentuk pendiriannya kepada Allah, bahwa Ia selalu mengawasinya di dalam segala pekerjaan maka mereka akan selalu bersungguh-sungguh dalam mengerjakan sesuatu terutama dalam mengerjakan pekerjaan sekolah yang saat ini dilaksana secara online di rumah masing-masing. Karena pada dasarnya segala pekerjaan yang baik adalah untuk beribadah kepada Allah termasuk untuk belajar dan menuntut ilmu.

Ketiga adalah, membentuk lingkungan yang baik untuk anak, terutama dalam lingkungan keluarga dan orang tua dimana saat ini anak lebih banyak untuk tinggal di rumah. Mengenai hal ini ada seorang penyair Muslim ternama Hafiz Ibrahim mengungkapkan sebagai berikut “Al-Ummu madrasatul ula, iza a’dadtaha a’dadta sya’ban thayyibal a’raq.” Artinya, “Ibu adalah madrasah “Sekolah” pertama bagi anaknya. Jika engkau persiapkan ia dengan baik, maka sama halnya engkau persiapkan bangsa yang baik pokok pangkalnya”.

Dan harapan kita adalah untuk meberikan yang terbaik dimana pun dan bagaimana pun keadaanya tehadap keberlangsungan sebuah generasi dan bangsa di masa mendatang. Lingkungan yang berpendidikan adalah lingkungan generasi hebat. Karena kita yakin ini semua adalah atas kehendak Allah dan Allah akan selalu melindungi hambanya yang selalu mengamalkan ilmunya untuk kebaikan dan ia senantiasa meminta tolong kepada-Nya.

Nawang Lukman Priyonggo, Guru SMP Muhammadiyah 2 Kota Blitar dan Pengasuh Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Blitar

Exit mobile version