Harapan Muhammadiyah di Ulang Tahun Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah ke-86

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Pengurus Besar Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) menggelar Tasyakuran Nasional Hari Ulang Tahun ke-86 yang berlangsung secara luring dan daring (29/8/2021). Acara yang dihadiri oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr KH Haedar Nashir melalui Zoom tersebut dirangkaikan dengan haul ke-24 Al-Magfurullah Maulana Syeikh TGKH Zainuddin Abdul Majid.

Mewakili Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir menyampaikan tahniah atas tasyakuran nasional NWDI ke-86 dan haul ke-24 TGKH Zainuddin Abdul Majid. Muhammadiyah berharap Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah senantiasa menjadi khadimul ummah yang senantiasa membimbing dan memandu umat. Haedar berharap NWDI dapat terus menjalin relasi dengan organisasi-organisasi Islam lainnya, termasuk dengan Muhammadiyah.

Haedar Nashir juga menitipkan harapan semoga Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah senantiasa, “meningkatkan kualitas dan kemajuan umat Islam sebagai khairu ummah. Dan ikhtiar peran yang makin baik, makin maju, dan makin optimal, untuk umat dan kehidupan bangsa Indonesia serta kemanusiaan semesta.”

“Kami berharap dapat terus bekerjasama dalam membawa Islam yang wasathiyah, yang rahmatan lil alamin, yang membawa damai, persatuan atau ukhuwah, dan kemajuan,” ujar Haedar. Hal itu sesuai dengan pesan luhur Al-Qur’an supaya umat Islam menjadi umat tengahan yang berperan penting dalam sejarah peradaban.

Di usia ke-86, ungkap Haedar, Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah telah memberi konstribusi yang positif dan konstruktif bagi perjalanan bangsa Indonesia. Di bawah kepemimpinan Ketua Umum TGB Muhammad Zainul Majdi, Haedar berharap Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah dapat, “terus bergerak maju menjadi suluh umat dan bangsa.” Menurutnya, jika kita bersungguh-sungguh, Allah akan membukakan jalan.

Muhammadiyah juga berharap supaya Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah, “tak kenal lelah untuk menyebarkan Islam sebagai din al-rahmah sebagaimana pesan Al-Qur’an, wama arsalnaka illa rahmatan lil alamin.” Dengan kekuatan rahmah, kata Haedar Nashir, “kita mampu hadir bersama seluruh kekuatan bangsa, seluruh kekuatan golongan bangsa, dalam keragaman agama, suku bangsa, ras, dan pilihan politik, menuju pada peradaban umat dan bangsa yang maju.”

TGB Muhammad Zainul Majdi menyampaikan kepada para kader dan jamaah NWDI supaya memegang teguh prinsip perjuangan: yakin, ikhlas, sabar, dan istiqomah, dalam ajaran ahlu sunnah wal jamaah. “Jangan sampai disorientasi,” tuturnya.

Turut hadir antara lain: Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas, Menteri BUMN Erick Thohir, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Kepala BNPT Boy Rafli Amar, mufassir Quraish Shihab, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo. (ribas)

Exit mobile version