Mahasiswa Farmasi UAD Sosialisasi Pembuatan Produk dan Rumah Sehat di Dusun Menguri Kulon Progo

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) IMM Farmasi 2021 yang merupakan salah satu program yang diinisiasi oleh Kementrian Pendidikan RI di Dusun Menguri, Kaluharan Hargotirto, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Agenda yang digelar pada Minggu (26/09) adalah Sosialisasi Pembuatan Produk dan Rumah Sehat. Acara ini dilaksanakan di PAUD Dusun Menguri, Hargotirto, Kokap, Kulon Progo.  Pada kegiatan ini dihadiri oleh Kelompok Wanita Tani Dusun Menguri, Kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Dusun Sungapan 2, dan perwakilan warga dari Dusun Menguri, Sungapan 2, maupun Sebatang.

Ketua Tim KKN PHP2D IMM Farmasi UAD, Ditya Oktaviani menyampaikan urgensi dari diselenggarakannya sosialisasi ini, “ yang pasti membekali warga untuk kedepannya, karena dalam waktu dekat akan ada pendampingan produk herbal yakni  Menguri rainbow geblek, the celup kelor stevia, dan produk lainnya. Tak lupa juga akan diadakan lomba rumah sehat sehingga harapannya warga mempersiapkan dengan matang lomba rumah sehat tersebut,” ucapnya.

Pemateri pada kegiatan sosialisasi tersebut merupakan kolaborasi dari sejumlah mahasiswa program studi Farmasi dan Kesehatan Masyarakat UAD yang mengikuti KKN.  Topik pertama tentang Pembuatan Produk yang dipaparkan oleh Zahra dan Dzulfikar mencakup Tujuan sosialisasi, produk – produk yang akan dihasilkan, cara pengolahan tanaman obat menjadi sebuah produk, hal – hal yang harus diperhatikan ketika mengolah produk, hingga langkah – langkah pembuatan produk. Topik kedua yakni terkait Rumah Sehat yang dipaparkan oleh Feli mencakup pengertian rumah sehat, ciri rumah sehat, hingga kriteria lomba rumah sehat yang nantinya akan dilakukan oleh Tim KKN PHP2D IMM Farmasi 2021.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan warga sangat antusias selama pemaparan materi, mengerjakan kuis, hingga saat diskusi interaktif. (Dita Putri)

Exit mobile version