IKIP Muhammadiyah Maumere Wakili NTT di PIMNAS ke-34

IKIP Muhammadiyah Maumere Wakili NTT di PIMNAS ke-34

MAUMERE, Suara Muhammadiyah-Surat yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 2200/J3/KM.02.13/2021 menyampaikan bahwa Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) akan menyelenggarakan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 yang bekerja sama dengan Universitas Sumatera Utara (USU) sebagai tuan rumah penyelenggara PIMNAS ke-34 yang dilaksanakan secara daring dimulai dari tanggal 26-30 Oktober 2021 menggunakan aplikasi Zoom dan dipublikasi streaming di kanal Youtube USU Official Social Network.

Hasil dari keputusan surat yang dimaksud di atas memberikan informasi bahwa ada sekitar 108 perguruan tinggi yang lolos PIMNAS dan ada sekitar 15 perguruan tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah yang lolos PIMNAS ke-34 pada tahun 2021, salah satu diantaranya adalah Institusi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Maumere.

Dengan nomor urut 93 dari 108 perguruan tinggi yang lolos PIMNAS ke-34, IKIP Muhammadiyah Maumere menjadi satu-satunya perwakilan perguruan tinggi yang ada di Nusa Tenggara Timur dalam ajang rutin yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Ada hal menarik dari lolosnya IKIP Muhammadiyah Maumere selain mewakili perguruan tinggi se-NTT melainkan mampu hadir sebagai pendatang baru. Sebagai mana diberitakan di warta.ikipmumaumere.ac.id. Rektor IKIP Muhammadiyah Maumere Erwin Prasetyo, S.T, M.Pd mengungkapkan, “sebagai kampus yang baru kita sudah bisa membuktikan kalau kita bisa bersaing ke tingkat PIMNAS dan harus lebih banyak peserta atau tim untuk tahun depan. Ini merupakan kebanggan untuk IKIP Muhammadiyah Maumere, walaupun terhitung masih baru dan baru pertama kali mengikuti kegiatan Program Kreativitas Mahsiswa (PKM) tapi bisa membuktikan kalau IKIP Muhammadiyah Maumere mampu bersaing sampai ke PIMNAS. Kalau tahun ini hanya satu tim, kami akan usahakan tahun depan akan lebih banyak lagi,” Ungkap Rektor IKIP Muhammadiyah Maumere.

Lolos mewakili perguruan tinggi se-NTT dalam kompetesi Program Kreativitas Mahasiswa di bidang Pengabdian Masyarakat (PKMPM) dengan diwakilkan dari empat orang mahasiswa dari program studi pendidikan kimia yaitu diantaranya Agustina Mimin (Ketua Tim), Agustina Sulastri (Bendahara), Laila Gunidar dan Sindi Putri (Anggota) serta tidak luput dari dosen pembimbing Ibu Kartika Rahman Nisa, M.Pd yang juga merupakan dosen tetap di IKIP Muhammadiyah Maumere. Judul PKMPM yang dibawakan adalah “Pemanfaatan Biji Kelor sebagai Koagulan pada Pemurnian Air Sumur Kelurahan Warga Waiara Kabupaten Sikka”

Agustina mimin selaku ketua tim sebagaimana yang diberitakan dalam warta.ikipmumaumere.ac.id menyampaikan rasa bahagia dan senang dan tidak menyangka kalau timnya lolos serta bisa menjadi tim dan perguruan tinggi satu-satunya perwakilan NTT ke PIMNAS dan mempersiapkan kembali untuk lebih merapikan serta melatih presentasi agar lebih baik. Agustina mimin kemudian melanjutkan kalau timnya akan lebih siap dan semangat untuk persiapkan selanjutnya. (ilham)

Exit mobile version