UMC Mendapat Apresiasi dari Kemendes PDTT

UMC Mendapat Apresiasi dari Kemendes PDTT

KUNINGAN, Suara Muhammadiyah – Program Pendampingan Desa di Kecamatan Ciniru Kabupaten Kuningan yang digagas oleh Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) mendapat apresiasi dari Kementerian Desa-PDTT. Direktur Penyerasian Pembangunan Sosial Budaya dan Kelembagaan Kemendes PDTT, Dr. Bonivasius Prasetya Ichtiarto, S.Si, M.Eng yang hadir mengikuti Workshop Pengembangan Wisata Desa Gunungmanik menilai program pendampingan yang merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi  yang diusung oleh UMC merupakan langkah revolusioner, terlebih di peringatan Sumpah Pemuda.

Apalagi pendampingan ini juga senafas dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam membangun dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia desa.

“Ini merupakan wujud nyata kehadiran UMC berperan sebagai fasilitator serta membersamai desa,” ungkap Boni, sapaan akrab Direktur Penyerasian Pembangunan Sosial Budaya dan Kelembagaan Kemendes PDTT saat memberikan sambutan di Desa Gunungmanik, Sabtu (30/10/2021). Boni mengucapkan terimakasih kepada Rektor UMC, Arif Nurudin M.T serta Wakil Rektor I Nana Trisovelna M.T.

Ucapan selamat juga disampaikan kepada Johan M.T, Dr. Dewi Nurdiyanti,S.ST.,M.Pd, Arie SusetioUtami.,S.S.i,M.T, Fitri Dian Perwitasari.M.Si, serta Norma Bastian.M.Pd.

UMC,lanjut Boni, berhasil mendampingi masyarakat desa Gunungmanik dengan memberdayakan potensi yang dimilikinya. Kabarnya, Desa ini pun menjuarai peringkat pertama di lomba UMKM tingkat Kabupaten Kuningan.

Tidak hanya itu, UMC juga turut serta mendorong desa ini mengikuti lomba UMKM tingkat provinsi jawa barat juga memaksimalkan potensi wisata yang ada di desa tersebut.

Dijelaskan Boni, ketika dirinya mendapatkan surat dari Kepala Desa Gunungmanik yang mengundangnya untuk melihat langsung berbagai program karya desa sekaligus ikut mendapatkan penghargaan untuk Kemendes PDTT dan UMC, ia pun segera meresponnya dan menikmati perjalanan dari Jakarta ke Desa ini.

“Saya terharu sekali. Pertama, kami mendapatkan apresiasi dari Desa Gunungmanik. Kedua, kami ikut menyaksikan penghargaan desa yang diberikan kepada UMC. Pemandangan disini luar biasa, keramahtamahan yang kita temui sangat menyentuh hati,” tutur Boni.

Selain itu, Boni menilai langkah maju Desa Gunungmanik tidak lepas dari kolaborasi yang apik bersama Camat Ciniru yang memiliki semangat untuk memajukan desa.

“Salut kepada Camat indra nugraha ishak, S.Tp., M.Si dan Kepala desa Rukmin Nuryadin, S.Pd. Ini menjadi contoh buat desa lain agar bisa mengikuti langkah yang luar biasa dari desa Gunungmanik Kecamatan Ciniru,” ucap Boni.

Dipenghujung sambutannya, Boni memberikan pantun buat warga desa dan seluruh peserta. “Sungguh manis buah durian, hidangan untuk para tetamu, sukses kami ucapkan, bangunlah desa Gunungmanik biar lebih maju,” tutup Boni penuh bangga atas capaian Desa Gunungmanik, Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan Jawa Barat. (riza)

Exit mobile version