SMK MUSABA Pertahankan Juara Pertama Nasional Aquascape KKSI

SMK MUSABA Pertahankan Juara Pertama Nasional Aquascape KKSI

BLORA, Suara Muhammadiyah – Kamp Kreatif SMK Indonesia (KKSI) 2021 kembali diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). KKSI rutin diadakan sejak diresmikan pada 2019 dengan tema “Menyiapkan Keunggulan Masa Depan” untuk mengimplementasikan teknologi terbaru dalam proses pembelajaran di SMK, serta meningkatkan dan memeratakan kualitas pembelajaran di SMK melalui pelatihan dan kompetisi.

Terdapat 30 cabang lomba dalam KKSI tingkat Nasional yang ditawarkan. Dalam hal ini SMK Muhammadiyah 1 Blora (MUSABA) tak ingin melewatkan begitu saja kesempatan emas ini. Dengan mengikuti delapan cabang lomba meliputi, Bahasa Inggris (Story Telling), Urban Farming, Kuliner (Jajanan pasar), Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (bahan baku untuk diolah), Aquascape dan Ikan Pendukung, Seni Tari, Seni Musik Pop, dan Animasi.

Dari delapan cabang lomba tersebut, terdapat satu cabang lomba yang sudah diumumkan oleh juri. “Sebagian masih penjurian dan penilaian akhir, dan baru satu yang sudah pengumuman yaitu cabang lomba aquascape, dan SMK Musaba berhasil meraih juara I,” ujar Chandra Setiawan selaku Pembimbing peserta lomba dari SMK MUSABA.

SMK MUSABA pada cabang lomba Aquascape dan Ikan Pendukung berhasil mempertahankan Juara I Nasional selama dua tahun berturut-turut pada 2020 dan 2021. Tim KKSI Aquascape yaitu Aqil Sya’roni Kuncoro Jati sebagai ketua, Muhammad Ainun Ridho, dan Yoni Kristiawan sebagai anggota, tim tersebut mengangkat tema JUNGLE (Gunung Pegat Blora).

Mengenai proses lomba Chandra menjelaskan bahwa lomba tersebut diawali dengan pembelajaran daring pada siswa dan pembimbing selama satu bulan, dengan materi tentang aquascape, tanaman air, ikan pendukung dan pemasaran. Serta demo live setting atau pembuatan layout aquascape oleh panitia.

“Setelah daring selesai kami diberi waktu selama sembilan hari untuk membuat karya. Setelah itu, selama hampir dua bulan kami diminta merawat kemudian melaporkan tiap minggu, dan mencoba memasarkan hasil kreasi aquascape siswa ke masyarakat,” tutur Chandra ketika diwawancara melalui WhatsApp pada Kamis, (18/11/2021)

“Kemudian terakhir adalah penilaian akhir secara live dan pameran, melakukan presentasi melalui via Zoom dengan dipandu oleh panitia sekaligus dinilai oleh juri,” tambahnya.

Arif Rohman Bupati Kabupaten Blora turut berbangga sebab prestasi tersebut. Ia menuturkan bahwa “Di Blora Muhammadiyah dikenal dengan amal usahanya terutama dalam bidang pendidikan dalam menciptakan SDM berkualitas. Salah satunnya SMK Musaba, beberapa prestasi telah membantu mengharumkan nama Blora, dan baru-baru ini saya ucapkan selamat kepada Tim Aquascape SMK Musaba yang berhasil meraih juara I tingkat Nasional KKSI 2021,” tutupnya. (guf)

Exit mobile version