PCPM Wedi Gelar Sosialisasi Olahraga Woodball

KLATEN, Suara Muhammadiyah– Olahraga merupakan salahsatu aktivitas yang kaya manfaat. Berolahraga secara teratur dapat menjadi salahsatu ikhtiar untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain motif kesehatan, olahraga juga dapat dilakukan untuk tujuan prestasi, rekreasi, bahkan dakwah.

Sabtu (18/12), Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Wedi Klaten melaksanakan kegiatan Sosialisasi Woodball sebagai Alternatif Olahraga Prestasi dan Rekreasi. Kegiatan yang bertempat di Lapangan Kalibajing, Desa Pakahan, Jogonalan, Klaten ini diikuti 20 peserta. Hadir sebagai pemateri adalah Joko Istiyanto, S.Pd.,M.M. yang juga merupakan Ketua Pengkab Indonesia Woodball Association (IWbA) Klaten.

Dalam materinya Joko Istiyanto menyampaikan bahwa woodball merupakan olahraga yang tergolong baru dan masih berkembang saat ini. Olahraga asal Taiwan ini sepintas mirip dengan golf, yang membedakan adalah semua peralatannya terbuat dari bahan kayu.

Prinsip bermain woodball cukup sederhana yaitu bagaimana memukul bola menggunakan “mallet” (alat pemukul) sehingga masuk ke dalam “gate” (target). Pemain yang berhasil memasukkan bola ke dalam “gate” dengan jumlah pukulan paling sedikit adalah pemenangnya.

“Sehingga olahraga ini dapat dimainkan oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orangtua, laki-laki maupun perempuan” ungkap Joko Istiyanto. Selain itu, olahraga ini juga dapat dilakukan untuk tujuan prestasi maupun sekedar rekreasi. Cabang olahraga woodball ini rencananya akan dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh dan Medan Tahun 2024 yang akan datang.

Seluruh peserta tampak antusias mengikuti materi teori dan praktek yang diberikan. “Bermain woodball kelihatannya mudah, namun ternyata membutuhkan ketenangan dan akurasi pukulan yang baik” ungkap Widodo, salahsatu peserta kegiatan menyampaikan kesannya.

Dalam kegiatan tersebut juga sekaligus dideklarasikan berdirinya klub Woodball Muhammadiyah(WoodballMu) Wedi. Dengan adanya klub ini, diharapkan menjadi wadah bagi warga Muhammadiyah untuk mengembangkan minat dan bakat untuk berprestasi maupun sekedar rekreasi melalui olahraga woodball. (Agung Widodo-Bidang Olahraga Seni dan Rekreasi PCPM Wedi). (trq).

Exit mobile version