PCIM Spanyol Ngobrol Santai Dengan Dubes Muhammad Najib

PCIM Spanyol Ngobrol Santai Dengan Dubes Muhammad Najib

Oleh: Caesar Marga Putri (Dosen Prodi Akuntansi UMY, Ketua Majelis Pemberdayaan Wanita PCIM Spanyol)

Pengurus Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Spanyol menyambut kedatangan Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Spanyol dan United Nations World Tourism Organization (UNWTO), Dr. Muhammad Najib di Barcelona. Sejak beliau dilantik menjadi Dubes Spanyol pada bulan bulan Oktober 2021, ini merupakan kunjungan perdana beliau ke Barcelona. Pertemuan tersebut dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2021.

Bertempat di Restoran Betawi Indonesia milik salah satu diaspora Indonesia, yaitu Ibu Hera. Bapak Dubes dan rombongan KBRI menerima perwakilan PCIM Spanyol yang diwakili oleh beberapa pengurus dan anggota PCIM yang berada di Barcelona. Perwakilan tersebut antara lain, Faiza Husnayeni Nahar (Sekretaris); Caesar Marga Putri (Majelis Pemberdayaan Wanita); Khalifany Ash Siddiqi, Andika Ridha Perdana dan Taufik Akhbar (Majelis Riset); Mufti Alam Adha dan Amrin Nuralip (Majelis Kader dan Dakwah) serta Teddy Nurcahyadi (Majelis Pustaka dan Informasi) beserta beberapa anggota PCIM Spanyol lainnya.

Pada kesempatan tersebut bapak Dubes menjelaskan bagaimana muslim harus berperan dalam perdamaian dunia khususnya meredam konflik yang berada di beberapa negara Timur Tengah. Umat Islam di Spanyol bisa menjadi role model dalam menunjukkan Islam adalah rahmatan lil’alamin sehingga beliau mengutarakan keinginan untuk membentuk Diaspora Muslim Indonesia. Diaspora Muslim Indonesia ini nantinya diharapkan akan menjadi wadah bagi warga negara Indonesia yang berada di Spanyol untuk terus berkoordinasi dan berdiskusi agar bisa terus bersatu dalam mewujudkan perdamaian.

Umat Islam saat ini diharapkan terus bersatu dalam penyelesaian konflik-konflik yang ada, bukan malah masuk dalam arus yang ekstrim seperti mendukung kelompok-kelompok tertentu. Menurut beliau pilihan umat muslim untuk berdiam diri bukanlah pilihan yang tepat atau ketika mendukung salah satu kelompok bukan pilihan yang tepat pula. Peran umat Islam yang dibutuhkan saat ini adalah peran aktif dalam mewujudkan perdamaian, dengan menjaga kerukunan dan toleransi dengan seluruh ciptaan Allah, dengan sesama manusia tanpa memandang agama, suku dan golongan; dengan tumbuhan maupun hewan juga harus berperilaku yang baik agar terwujud Islam rahmatan lil’alamin.

Pertemuan dan dialog antara Dubes dengan warga PCI Muhammadiyah dan PPI Spanyol tersebut ditutup dengan beliau menyampaikan sebuah harapan yaitu jika Diaspora Muslim Indonesia Spanyol ini berjalan dengan baik, maka jaringan ini dapat diperluas ke negara-negara lain yang berada di kawasan Eropa, Timur Tengah, Afrika dan lainya.

Exit mobile version