Semarak Ranting Muhammadiyah Sriti Menyongsong Ramadhan 1443 H

Semarak Ranting Muhammadiyah Sriti Menyongsong Ramadhan 1443 H

PONOROGO, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah, Pimpinan Ranting Muhammadiyah Sriti, Sawoo, Ponorogo menyelenggarakan pengajian sekaligus pelantikan Pimpinan Ranting Muhammadiyah Sriti pada hari Jumat tanggal 18 Maret 2022 di Masjid Al-Amin Dukuh Ngemplak Desa Sriti. Pengajian diawali oleh Pembacaan Al Quran, selanjutnya sambutan langsung oleh Mukani S.Pd.I selaku Ketua Pengajian Dan pelantikan PRM Sriti. Kegiatan Ini diikuti oleh seluruh Warga dan Jama’ah Persyarikatan Muhammadiyah Desa Siti.

Mukani S.Pd.I menuturkan, agenda pengajian ini sebagai sarana untuk mensyiarkan gerakan Muhammadiyah di desa Sriti yang hamper 2 tahun minim aktifitas gerakan karena situasi pandemic covid 19. Selain itu juga sebagai ajang saling maaf- memaafkan pada sesama keluarga besar persyarikatan Muhammadiyah Ranting Sriti. Adapun tujuannya adalah untuk menjaga keberkahan ibadah puasa Ramadhan nantinya.

Sebelum pengajian dimulai dilaksanakan prosesi pelantikan Pimpinan Ranting Muhammadiyah Sriti, PRM Sriti secara resmi di lantik oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Sawo di tengah situasi pandemi covid19 yang sudah mulai melandai.

Prosesi pelantikan kali ini berlangsung secara sederhana dan penuh khidmat, selain dihadiri oleh ketua PCM dan jajarannya juga di hadiri langsung Wakil Ketua PDM Ponorogo Abidin Cahyono dan Bapak Katmanto selaku Kepala Desa Sriti, serta pengurus PRM yang di lantik tampak mengenakan masker. Tiga belas pengurus PRM Sriti yang di lantik adalah Sutrisno, Dwi nur eli M, Mukani, S.Pd.I, Slamet Nuryono, S.Pd,I, Dwi Ruli Handoko, Kateni, Pujianto, Ananng Setyo, Darni, Budiono, Katimun, Selun, Saryoto.

Prosesi Pelantikan berjalan singkat tidak lebih 15 menit. Diawali dengan pembacaan surat pengesahan pimpinan kemudian upacara pengambilan sumpah pengurus, kemudian penyerahan bendera Muhammadiyah dari Abidin Cahyono selaku PDM Ponorogo kepada Sutrisno selaku ketua PRM Sriti sebagai tanda di mulainya syiar da’wah Muhammadiyah di desa Sriti.

Dalam sambutannya Ust. Sutrisno selaku ketua PRM Sriti menyampaikan bahwa tonggak pergerakan Muhammadiyah di Sriti di mulai dari dukuh Ngemplak, dalam kegiatan aktivitas PRM Sriti menyentuh semua lini masyarakat tidak hanya jama’ah Muhammadiyah. Kedepan dalam menyusun program kerja PRM Sriti selalu membuka saran dan masukan dari warga Muhammadiyah. “Pengurus ranting Muhammadiyah wajib hukumnya meneruskan perjuangan da’wah Muhammadiyah yang suci dan mulia di tengah-tengah masyarakat dalam kondisi yang sangat tidak menentu” cetus bapak Katmanto dalam sambutannya, beliau juga berharap desa sriti bisa bersinergi dengan Muhammadiyah Sriti dalam menata desa menuju Sriti yang lebih hebat.

Tausiyah pengajian disampaikan oleh Abidin Cahyono, Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ponorogo. Beliau menyampaikan Puasa merupakan bagian dari rukun islam, agar mendidik kita menjadi orang baik, inilah perjalanan manusia ke syurga Allah. Dimana setiap manusia di tuntut untuk berbuat baik. Krn syurga Adalah tempat yang indah dan damai. Orang yang baik memiliki hati yang baik, ikhlas dan ridho atas ketetapan Allah dan slalu berprasangka baik kepada Allah. Puasa di bulan Ramadhan adalah salah satu kegiatan yang dapat mendidik umat islam menjadi peribadi yang baik. Diharapkan dengan Pengajian yang diadakan dapat menyiapkan diri dalam menyambut bulan suci Ramadhan yang dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. (Slamet El_Srity)

Exit mobile version