MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur Juarai Water Rocket Competition

MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur Juarai Water Rocket Competition

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah – StarCam Festival 2022 adalah salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo dalam rangka mengenalkan destinasi wisata Waduk Sermo dan pengenalan astronomi kepada pelajar tingkat SMP/MTs se-Kulon Progo dan SMA/MA/SMK.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama Sabtu, 28 Mei 2022 pukul 19.00 dimulai oleh siswa tingkat SMA/MA/SMK dengan kegiatan malam berupa workshop dan lomba fotografi benda langit, sedangkan kegiatan kedua dilaksanakan Minggu, 29 Mei 2022 peserta tingkat SMP/MTs mengikuti workshop dan lomba roket air.

Pada kesempatan ini, MTs Darul’Ulum Muhammadiyah Galur meraih juara I Water Rocket Competition yang diwakili oleh Derihan Wirapandu dan Fahreza Devarra Putra dengan guru pembimbing Nur Sita Hamzati, S. Si. piala kejuaraan dan uang pembinaan sebesar Rp 6.000.000,- diserahkan langsung oleh Drs. Tri Saktiyana, M.Si selaku Pj. Bupati Kulon Progo.

Lomba roket air merupakan salah satu permainan sains yang sangat menyenangkan. Di mana konsep ilmu tekanan, gerak, dan gaya saling berkaitan satu sama lain. Siswa yang terbiasa membidik sasaran akan lebih mudah menguasai ilmu ini karena mempraktikkan gerak parabola, Founder Jogja Astro Club, Muthoha Arkanuddin sebagai narasumber dalam workshop pembuatan roket air.

“Lomba ini terbilang baru bagi kami tetapi sebagai perwakilan madrasah, kami mempersiapkan dengan matang, belajar membuat, dan terus berlatih serta memperhatikan arahan dan masukan dari pembimbing. Meskipun secara ilmunya termasuk sulit untuk dihitung tetapi strategi untuk menempatkan sasaran harus dipikirkan sehingga bukan hanya sekedar gambling“, pungkas Pandu sebagai ketua tim.

Exit mobile version