Masjid Al-Qohhar Gelar Kajian Subuh Hingga Periksa Kesehatan Gratis

Masjid Al-Qohhar Gelar Kajian Subuh Hingga Periksa Kesehatan Gratis

Masjid Al-Qohhar Gelar Kajian Subuh Hingga Periksa Kesehatan Gratis

SURABAYA, Suara Muhammadiyah – Masjid Al-Qohhar Lakarsantri Surbaya menggelar Ahad pagi seru berupa kajian rutin Ba’da sholat Subuh setiap Ahad ke-dua yang diisi oleh Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) kota Surabaya, Moch Lutfi M.Pd., Ahad (12/06/2022).

Kajian rutin mengambil tema, siroh Nabawiyah. Ustadz Lutfi menguraikan tentang keluarga Nabi Ibrohim as. Diuraikan detail mulai dari usia, riwayat pernikahan dengan ibunda Hajar dan juga ibunda Sarah. Serta disinggung sedikit tetang nabi Ismail as dan juga nabi Ishaq as.

Dengan gaya khasnya ustadz asal Madura tersebut meski agak kurang sehat, mampu membuat puluhan jamaah yang hadir enggan beranjak. Sekiranya tema tersebut menyambung dengan momen Idul Adha yang sebentar lagi akan dirayakan oleh seluruh umat muslim.

Usai acara kajian, jamaah dijamu juga dengan sarapan pagi. Menu nasi pecel dan teh atau susu hangat membuat lengkap suasana.

Dalam ramah tamah tersebut, juga diinformasikan tetang program kurban patungan oleh Takmir Masjid Al-Qohhar, Bambang Sugiyanto.

“Tahun ini takmir Masjid Al-Qohhar menetapkan sebesar Rp. 3,25 juta untuk biaya patungan kurban sapi. Meskipun naik dari tahun sebelumnya, Alhamdulillah tercatat sebelas nama yang sudah mendaftar dalam program ini, artinya hampir 2 ekor sapi yang sudah terkumpul”, terang Bambang.

Acara berikutnya, dua jam menjelang dhuhur, digelar pemeriksaan serta pengobatan kesehatan secara gratis kerja bareng dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dalam rangka safari keliling di 31 kecamatan. Untuk wilayah kecamatan Lakarsantri, urutan ke-18, bertempat di Masjid Al-Qohhar.

“Ada sekitar 40 orang yang hadir mengikuti acara tersebut. Antusias mereka meskipun acara diselenggarakan ketika terik matahari meninggi, terima kasih ACT, semoga program ini bermanfaat bagi semua,” tutup Bambang.

Sementara itu, salah satu relawan ACT, Gunawan, sangat bangga dan mengapresiasi suksesnya acara tersebut dengan antusias warga yang sangat luar biasa.

“Alhamdulillah, persiapan acara dari pihak takmir supportnya sangat luar biasa, sebuah kolaborasi aksi yang apik untuk melayani masyarakat dalam bidang kesehatan, Koordinasi antar lini berjalan rapi, terbukti dengan tatanan ruang yg nyaman, fasilitas yang membuat puas warga yang hadir”, papar Gunawan. (Yuda Panuluh)

Exit mobile version