Dubes Inggris Apresiasi Kiprah Muhammadiyah Menjaga Pluralisme hingga Tanggap Perubahan Iklim

Dubes Inggris Apresiasi Kiprah Muhammadiyah Menjaga Pluralisme hingga Tanggap Perubahan Iklim

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins melakukan kunjungan silaturahim ke Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Yogyakarta (21/6/2022). Kunjungan ini diterima langsung oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir bersama Ketua PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman.

Haedar Nashir menyebut bahwa kunjungan yang berlangsung dalam suasana akrab dan santai itu memiliki tiga makna. Pertama, menjalin dan memperkuat hubungan yang selama ini sudah bagus dan berjalan baik antara Persyarikatan Muhammadiyah dengan kedutaan besar Inggris.

Kedua, meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan dan kesehatan yang juga sudah berlangsung lama. “Kita mencari langkah-langkah baru, termasuk Dubes Inggris akan menghubungkan dengan lembaga-lembaga keagamaan di Inggris sehingga terjalin kerja sama yang baik, bukan hanya dengan pemerintah Inggris, tapi juga lembaga keagamaan dan lembaga kemasyarakatan di Inggris,” ungkap Haedar.

Ketiga, Muhammadiyah menyampaikan tentang kondisi Muhammadiyah dan Umat Islam Indonesia yang berkarakter moderat, modern, cinta damai, toleran, dan menjunjung tinggi pluralitas. Haedar mencontohkan aksi nyata yang dilakukan Muhammadiyah di Papua, NTT, dan wilayah Indonesia Timur lainnya. Muhammadiyah menjalankan aksi kemanusiaan yang menembus sekat-sekat budaya, agama, suku, ras.

Muhammadiyah mengapresiasi kunjungan yang dilakukan Dubes Inggris. “Kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya, mudah-mudahan bisa meningkat lagi. Kami kemudian mengundang yang mulia untuk berkunjung ke beberapa universitas dan sekolah Muhammadiyah, termasuk Madrasah Mu’allimin Yogyakarta,” tutur Haedar. Sebelumnya, pada 2016, Duta Besar Kerajaan Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Moazzam Malik sempat menginap dan menjadi “santri” di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta.

Sementara itu, Owen Jenkins mengatakan bahwa ini adalah kunjungannya yang pertama ke organisasi Muhammadiyah. Ia sangat berterima kasih atas sambutan hangat dan jamuan dari Muhammadiyah. Ia mengakui bahwa Kerajaan Inggris dan Muhammadiyah memiliki kerja sama yang terjalin sudah cukup lama. Hal ini diharap dapat terjalin semakin meningkat di masa yang akan datang.

“Kami amat sangat menyambut baik komitmen Muhammadiyah yang dalam menjaga pluralisme, mendukung kesejahteraan masyarakat Indonesia, dan juga toleransi. Dan dalam bidang perubahan iklim kami sangat menghormati dan mengapresiasi langkah-langkah yang diambil pihak Muhammadiyah dalam menjaga lingkungan,” tutur Owen Jenkins. (ppmuh/ribas)

Baca juga:

Dubes Inggris: Muslim Indonesia Menjadi Inspirasi Dunia

Kunjungi UMM, Dubes Inggris: Indonesia Penting untuk Masa Depan Dunia

Disambangi 23 Dubes UE, Muhammadiyah Jelaskan Peran Islam dalam Kemajemukan Indonesia

Exit mobile version