Peran UMKM di Bumi Perkemahan Pereng

Peran UMKM di Bumi Perkemahan Pereng

KULONPROGO, Suara Muhammadiyah – Pengembangan Wisata berbasis Potensi Alam Bukit Pereng Lendah Kulonprogo sebagai Bumi Perkemahan menjadi prioritas pemerintah Desa Jatirejo, Lendah Kulonprogo. Namun demikian diperlukan penguatan kelembagaan pengelola  yaitu Kelompok Kerja Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (KKLPMK) dan juga UMKM yang mendukung daya tarik wisata.

Dosen Prodi Manajemen UMY UMY Sri Handari Wahyuningsih dan Dosen Program Vokasi Parwoto melaksanakan program pengabdian dengan mengambil mitra program Pengurus KKLPMK dan UMKM di Wilayah Pereng, Lendah, Kulonprogo. Tujuan program adalah meningkatkan kesiapan Pengurus dalam menyiapkan rencana pengembangan Bukit Perkemahan dan memberikan penyuluhan kewirausahaan serta pemasaran bagi calon pelaku usaha pendukung daya tarik wisata.

Pelaksanaan Focus Group Discussion menghasilkan konsep yang leboih jelas tentang rencana kegiatan untuk mewujudkan Bumi Perkemahan. Sedangkan hasil pelatihan, penyuluhan dan pendampingan kepada UMKM khususnya dalam pemasaran produk mampu meningkatkan kesiapan pelaku usaha, antara lain dimilikinya logo usaha, merk usaha, dan kemasan menarik sehingga siap mendukung program ini.

Disampaikan oleh Sri Handari Wahyuningsih, bahwa program ini rutin diselenggarakan oleh LPM UMY untuk memberikan kontribusi bagi pemberdayaan ekonomi warga. Antusiasme warga mengikuti program mencerminkan semangat berkemajuan yang dimiliki warga dan sekaligus menjadi modal untuk kemajuan masyarakat. Program dilaksanakan dengan melibatkan kelompok KKN dari beberapa Program Studi di UMY.

Exit mobile version