YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pembelajaran dewasa ini tidak dapat terlepas dari penggunaan teknologi dan informasi. Hal ini menjadi semakin penting ketika pandemi Covid-19 begitu berdampak pada dunia pendidikan. Pembelajaran yang awalnya dilaksanakan secara luring dipaksa untuk diselenggarakan secara daring. Kondisi ini tentu menuntut kemampuan guru memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dengan tetap memperhatikan tingkat keterserapan materi oleh peserta didik.
Berlatar belakang kondisi tersebut, maka Program Studi Magister Pendidikan Matematika FKIP UAD menyelenggarakan Pelatihan Literasi ICT dan Implementasi Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK) kepada guru-guru di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Agenda tersebut mengusung tema, “Digitalisasi Bahan Ajar Melalui Fitur Drag and Drop dengan Aplikasi FPCE yang Berorientasi Kemampuan Literasi ICT”.
Bertempat di Ruang Studio Animasi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, kegiatan dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Bibi Imna Zanu, S.Pd.Si. Sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan (PK), SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta telah memiliki sarana dan pra sarana yang sangat memadai dan telah mengembangkan kelas digital serta menjalin kerja sama dengan berbagai instansi terkait.
Pelatihan yang didesain berkelanjutan ini dimulai pada Jumat, 2 September 2022. Dr. Andriyani, M.Si., selaku narasumber yang merupakan dosen MPMat UAD menyampaikan pentingkan literasi ICT bagi setiap guru dalam proses pembelajaran. Dan kemudian dilanjutkan dengan paparan tentang pentingnya kemampuan integrasi di bidang teknologi, pedagogi, dan konten bagi guru oleh Anggit Prabowo, M.Pd.
“Untuk kegiatan berikutnya, akan diadakan workshop digitalisasi bahan ajar dengan memanfaatkan platform-platform digital sebagai salah satu upaya mewujudkan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menarik,” ujar Anggit yang merupakan Sekretaris Prodi Magister Pendidikan Matematika UAD tersebut.
Selain sebagai bentuk implementasi kerjasama di bidang pendidikan, pelatihan ini juga merupakan salah satu bentuk pengaplikasian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pengabdian masyarakat. Kegiatan ini pun diikuti oleh mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Matematika FKIP UAD yang tergabung dalam Tim Program Pemberdayaan Masyarakat. (diko)