KKN UAD Dampingi Warga Tanam TOGA

KKN UAD Dampingi Warga Tanam TOGA

BANTUL, Suara Muhammadiyah- Tanaman obat keluarga atau yang disingkat menjadi TOGA merupakan kelompok tanaman yang telah banyak dikenal karena kegunaan dan manfaatnya. Oleh karena itu KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Unit VI.C.2 bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) dusun Dagan melakukan kegiatan penanaman TOGA Selasa, (16/8).

TOGA merupakan tanaman rempah yang terdapat di dapur dan dapat digunakan sebagai alternatif dalam pengobatan di dalam rumah tangga. Tanaman obat yang ditanam di antaranya adalah jahe dan kencur. Penanaman TOGA ditujukan sebagai tanaman obat alami untuk keluarga. Jahe dan kencur merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat dalam mengatasi permasalahan kesehatan yang biasa terjadi dalam masyarakat.

Menurut Sugiyanti, selaku anggota KWT acara ini sangat membantu mereka untuk mengetahui lebih jauh manfaat tanaman tersebut juga membudidayakannya di rumah. “Ya, seneng. Soalnya jadi lebih tau tentang manfaat tanaman toga dari adek-adek KKN.”

Faqihuddiin Najib, Ketua Kelompok KKN reguler UAD unit VI.C.2 lebih jauh bahwa jahe dapat diseduh menjadi wedang jahe yang bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kencur dapat digunakan sebagai alternatif dalam mengurangi batuk dan melegakan tenggorokan.

“Mengingat sekarang virus semakin banyak menyebar disekitar masyarakat membuat daya tahan tubuh terhadap serangan virus dan bakteri melemah sehingga mudah terserang penyakit seperti flu dan batuk, jadi penanaman TOGA akan sangat membantu sebagai obat alternatif dalam pencegahan penyakit dan menjaga daya tahan tubuh,” tandasnya.

Exit mobile version