PIMDA 344 Tapak Suci Sijunjung Laksanakan Ujian Kenaikan Tingkat Siswa

PIMDA 344 Tapak Suci Sijunjung Laksanakan Ujian Kenaikan Tingkat Siswa

SIJUNJUNG. Pada Sabtu, 29 Oktober 2022 Pimda 344 Tapak Suci Putera Muhammadiyah melaksankan ujian kenaikan tingkat siswa. Acara yang dilaksanakan hingga Ahad, 30 Oktober  2022 bertempat di di Mts Muhammadiyah Tanjung Ampalu yang berada di kecamatan Koto VII, Kab. Sijunjung, Sumatra Barat.

Pimda 344 TSPM kab. Sijunjung yang baru berumur satu tahun sudah berhasil melaksanakan Ujian Kenaikan Tingkat sebanyak dua kali. Pertama dilaksankan pada bulan Maret dan yang kedua dilaksanakan pada akhir Oktober ini. Pada ujian kali ini juga dilaksankan kegiatan latihan gabungan seluruh cabang yang berada di bawah Pimda 344 TSPM Kab. Sijunjung. ada emapat cabang yang turut mengirimkan siswa baik yang mgnikuti ujian Kenaikan tingkat maupun latihan gabungan.

Selain diikuti oleh cabang yang berada di bawah Pimda 344 kab SIjunjung. acara kali ini juga diikuti dari Pimda 296 Kota Sawahlunto dan Pimda 314 Solok. Jumlah peserta yang megnikuti ujian kenaikan tingkat siswa sejumlah 100 siswa, dari berbagai macam tingkatn, dari siswa dasar hingga siswa tingkat tiga. Di samping itu ada 50 siswa yang mengikuti latihan gabungan. Total ada sekitar 150 siswa yang turut aktif menjadi peserta ujian dan latihan gabungan pada acara kali ini.

Ujian kenaikan tingkat kali ini juga dihadiri oleh Wabup Sijunjung H. Irradatillah beserta ketua GOW kab. Sijunjung Ny. Donna Irradatillah. turut juga membersamai wabup Asissten I, Kadis Perhubungan, dan Camat Koto VII serta forkompicam kec. Koto VII. Turut hadir juga Pimpinan Wilayah XIV Tapak Suci Sumatra Barat. Yang diwakilkan oelh Sekretaris Umum Zulkifli Harza. Juga  Muhammadiyah juga hadir PDM kab. Sijunjung beserta ortom tingkat daerah.

Dalam sambutannya Usman Gumanti selaku ketua Pimda 344 Tapak Suci Kab Sijunjung menyampaikan banyak terima kasih kepada segala pihak yang mensukseskan acara ini, terlebih untuk tuan rumah Mts Muhamamdiyah Tanjung Ampalu. Disamping itu beliau juga menyampaikan bahwa dalam kurikulum merdeka, Tapak Suci juga bisa ambil peran dalam pembentukan karakter siswa.

Drs. Sumardi selaku ketua Pimpinan Daerah Muhamamdiyah Kabupaten Sijunjung juga menyampaikan bahwa, meskipun Tapak Suci Sijunjung ini baru secara resmi terbentuk tahun kemarin, namun sudah banyak kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan untuk menyiarkan Muhamamdiyah di ranah lansek manih ini.

Zulkifli harsa, selaku Pimwil 14 TSPM Sumatra Barat menyampaikan bahwa Tapak Suci memiliki nilai historis sebagai salah satu organisasi pencak silat yang turut hadir menjadi pendiri IPSI (Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia) ia juga berharap kepada pemda kabupaten Sijunjung untuk terus mendukung kegiatan Tapak Suci di kabupaten Sijunjung agar pencak silat mampu semakin eksis di Sijunjung.

Wakil Bupati Sijunjung dalam arahannya mengapresiasi Ujian Kenaikan Tingkat Siswa yang diadakan oleh Pimda 344 Tapak Suci Sijunjung ini. Ia juga menyampaikan Tapak Suci memiliki peran besar dalam membangun karakter siswa-siswanya. Terlebih dengan budaya Minangkabau mampu menjadi bekal bagi anak-anak yang kelak akan melanjutkan kehidupan di perantauan.

Acara pembukaan yang dilaksanakan pada Sabtu 29 Oktober 2022 ini ditutup dengan atraksi seni tunggal tangan kosong oleh Ananda fadzhim Ramadhan dan juga penampilan jurus khas Tapak Suci yaitu Jurus Merpati.

Exit mobile version