Dinsos UPT PSA Gandeng UM Tapsel Wujudkan Ta’awun Muhammadiyah

Dinsos UPT PSA Gandeng UM Tapsel Wujudkan Ta'awun Muhammadiyah

Dinsos UPT PSA Gandeng UM Tapsel Wujudkan Ta'awun Muhammadiyah

PADANGSIDIMPUAN, Suara Muhammadiyah – UM Tapsel laksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (MoA) dengan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara UPT Pelayanan Sosial Anak Padang Sidempuan tentang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Kamis, (1/22). Penandatanganan tersebut berlangsung di salah satu gedung UM Tapsel, Jl. Sutan Mohd. Arief, No. 32, Kel. Batang Ayumi Julu, Kec. Padang Sidempuan Utara, Kota Padang Sidempuan.

Kerja sama tersebut merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang telah dilakukan antara Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan UM-Tapsel. Kepala Dinas Sosial, H. Basarin Yunus Tanjung, M.Si., diwakili oleh  Ka. UPT Pelayanan Sosial Anak Padang Sidempuan; Alamsyah Harahap, S.Sos., M.AP., menyampaikan ucapan terima kasih kepada  UM-Tapsel yang bersedia bekerjasama dengan UPT PSA Padang Sidempuan dalam memperhatikan kondisi sosial masyarakat, terutama anak-anak yang membutuhkan bantuan.

Alamsyah menjelaskan bahwa jumlah warga binaan dari Dinas Sosial sebanyak 65 orang, dari berbagai usia dan sekolah. “Untuk itu kami meminta kepada UM-Tapsel agar di masa yang akan datang bisa menerima anak-anak binaan kami mendapatkan beasiswa agar bisa berkuliah di UM-Tapsel”, ucapnya.

Rektor UM Tapsel, Muhammad Darwis M.Pd., menuturkan bahwa universitas sangat mengapresiasi kegiatan dimaksud, dimana prinsip Dinas Sosial memiliki kemiripan dengan prinsip Muhammadiyah, yakni “ta’awun” atau tolong menolong. “UM-Tapsel memiliki semboyan “mencerahkan”, maknanya bahwa Universitas ini diharapkan bukan hanya berguna bagi Muhammadiyah, tapi untuk masyarakat, Indonesia, bahkan dunia”, paparnya.

“Untuk itu, menjawab permintaan dari bapak (UPT PSA) tadi, kita akan terima dan kuliahkan anak-anak binaan tadi di UM-Tapsel”, ucap Darwis. Kemudian dia menegaskan bahwa UM-Tapsel akan ikut andil dalam kegiatan sosial yang dilakukan oleh UPT PSA Padang Sidempuan karena hal tersebut merupakan bentuk dari pengabdian UM-Tapsel kepada masyarakat.

Turut hadir, Wakil Rektor I; Aisyah Nurmi, S.Pt., M.Si., Wakil Rektor II; Dra. Samsidar Lubis, M.A., Wakil Rektor III; Mukhlis SP., M.MA. Ka. Humas, Kerjasama, dan Urusan Internasional; Zulfitri Muhajir Daulay, Divisi Humas dan Kerjasama; Fajar Fadly, M.H., Divisi Urusan Internasional; Arifana, M.Kom.

Acara penandatanganan kerjasama tersebut diakhiri dengan saling memberi cindera mata antara UPT PSA Padang Sidempuan dengan UM-Tapsel (rif/syaifulh)

Exit mobile version