IMM Gelar Pelatihan Instruktur Nasional (PIN) untuk Kader se-Indonesia

IMM Gelar Pelatihan Instruktur Nasional (PIN) untuk Kader se-Indonesia

BOGOR, Suara Muhammadiyah-DPP IMM, DPD IMM Jawa Barat, dan PC IMM Bogor Raya menggelar pelatihan instruktur nasional (PIN) secara serentak yang dilaksanakan di Jampang, Kemang, Kabupaten Bogor dari tanggal 17 s.d. 22 Desember 2022. Pelatihan instruktur nasional ini merupakan kegiatan gabungan perkaderan khusus instruktur IMM yakni pelatihan instruktur dasar (PID), pelatihan instruktur madya (PIM), dan pelatihan instruktur paripurna (PIP).

Sofi Mina Nurohman selaku Ketua Panitia Lokal PIN mengatakan, setiap level pimpinan bertanggung jawab pada masing-masing pelatihan. Dalam hal ini DPP IMM sebagai penanggungjawab pelatihan instruktur paripurna (PIP), DPD IMM Jawa Barat sebagai penanggungjawab pelatihan instruktur madya (PIM), dan PC IMM Bogor Raya sebagai penanggungjawab pelatihan instruktur dasar (PID). Adapun peserta yang mengikuti pelatihan ini sejumlah 65 orang dengan pembagian 8 orang peserta PIP, 22 orang peserta PIM, dan 35 orang peserta PID.

Masih kata Sofi, peserta acara pelatihan ini terdiri dari kader-kader IMM se-Indonesia yang berkumpul di Bogor. Kegiatan dilaksanakan selama 6 hari berturut-turut dan bertempat di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Ki Bagus Hadikusumo Jampang, Kemang, Bogor.

Di tempat yang sama, Ketua Umum PC IMM Bogor, Hendi, mengatakan kegiatan pelatihan instruktur nasional ini menjadi sejarah di IMM karena melaksanakan tiga kegiatan perkaderan keinstrukturan dalam tempat dan waktu yang sama secara serentak.

Lanjut Hendi, kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua PP Muhammadiyah Dr. H. Anwar Abbas, M.M., M.Ag. dan dihadiri Ketua DPP IMM Bidang Kader Muhammad Fajrus Shodiq, Ketua Umum DPD IMM Jabar Faisal Amien Prawira dan Rofahiatul Aisy selaku Kabid Kader DPD IMM.

Hendi berharap, melalui kegiatan ini, akan lahir para instruktur IMM yang dapat mengawal kaderisasi IMM dengan kualitas yang mumpuni, berintegritas, serta mampu mencetak kader-kader IMM yang terus mempertahankan intelektualitasnya demi membangun bangsa dan negara melalui gagasan dan gerakan.

Sementara Dr. Anwar Abbas menegaskan dalam sambutannya, “Tagline Islam Berkemajuan yang diambil oleh Muhammadiyah digerakkan oleh gerakan iman dan ilmu. Pelatihan instruktur ini harus menjadi bagian dari gerakan iman dan ilmu,” ucapnya dalam acara pembukaan pelatihan instruktur nasional (17/12).

Lalu Muhammad Fajrus Shodiq atau akrab dipanggil Cak Shodiq selaku Dewan Pimpinan Pusat IMM juga menyampaikan, “Pelatihan instruktur nasional (PIN) ini merupakan momentum kebangkitan perkaderan IMM pasca-pandemi Covid-19 yang semakin reda pada akhir tahun ini. Selain itu, upaya untuk pembahasan mengenai SOP Perkaderan IMM Nasional juga akan dirumuskan sebagai bentuk output hasil pelatihan,” tegasnya.

Agenda kolaborasi tiga level pimpinan (pusat, daerah, cabang) di Bogor ini menunjuk tiga Master of Training (MoT), yakni Abdul Halim Sani sebagai MoT PIP, Calits Mumbahij Bahi sebagai MoT PIM, dan Muhammad Yunus sebagai MoT PID. (MFS)

Exit mobile version