Soft Opening MBS Limpung

Soft Opening MBS Limpung

Soft Opening MBS Limpung

Soft Opening MBS Limpung

LIMPUNG, Suara Muhammadiyah – Gerakan wakaf pembangunan gedung Muhammadiyah Boarding School yang digelorakan PCM Limpung, Batang kini mulai menampakkan hasilnya, yang dapat disaksikan langsung oleh jamaah pengajian Ahad Pagi (25/12/2022). Pengajian sengaja digelar di lokasi MBS Dukuh Krangkoan Limpung Batang. Menghadirkan dai muda Ust. Irfan Rizki Haas, S.Sos., M.Ag, yang mengetengahkan kisah kedermawanan Khalifah Utsman bin Affan.  Selain sebagai penyegaran, soft opening MBS ini diharapkan dapat memotivasi warga terus beramal.  Alhamdulillah pagi ini mendapatkan infaq spontan Rp. 6 juta lebih.

MBS Ulul Albab merupakan AUM terbaru PCM Limpung yang menaungi lembaga formal SMP Muhammadiyah Limpung dengan sistem boarding school. Pondok Pesantren ini didirikan oleh PCM Limpung untuk melayani umat Islam dalam pelayanan Pendidikan formal Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan selanjutnya membuka unit Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Saat awal beroperasi melayani 24 siswa/santri (15 santri putra dan 9 santri putri) yang terdiri dari dua angkatan atau baru duduk di bangku kelas VII dan kelas VIII. Kegiatan belajar-mengajar awalnya dilaksanakan dengan meminjam ruangan SD Muhammadiyah Limpung.

Kelahiran MBS Limpung tergolong unik. Meskipun belum punya gedung tapi sudah memiliki santri.   Biasanya gedung sekolah dibangun dulu baru mencari santri, tapi yang terjadi di Limpung,  santri ada dulu baru memikirkan pembangunan Gedung.

Pembangunan Gedung MBS Limpung diawali pembebasan lahan milik warga dan dilanjutkan pengajian akbar dan peletakan batu pertama di lokasi proyek yakni Dukuh Krangkoan Ngaliyan pada 21 November 2021 dengan menghadirkan PP Muhammadiyah, Dr. M. Busyro Muqoddas, M.Hum sebagai nara sumber. Bersamaan dengan itu juga dicanangkan gerakan wakaf untuk pembebasan lahan dan berhasil mengumpulkan dana 2 miliar rupiah lebih.

Adapun pembangunan Gedung MBS Limpung dimulai pertengahan 2022 dan  pengerjaannya dikebut agar segera bisa ditempati meskipun pembangunan belum selesai. Pembangunan dilaksanakan bertahap menyesuaikan kondisi keuangan.

Bersamaan dengan ujian semester gasal awal Desember 2022, santri Muhammadiyah Boarding School (MBS) Ulul Albab  Limpung, Batang, Jawa Tengah, mulai menempati gedung baru  di Dukuh Krangkoan Desa Ngaliyan Kecamatan Limpung. Meskipun  pembangunannya belum selesai, gedung MBS lantai 1 sudah bisa ditempati untuk kegiatan belajar-mengajar dan kegiatan lainnya. (Kawe S)

Exit mobile version