Joglo DakwahMu Almasykuri: Menatap 2023

Joglo DakwahMu Almasykuri: Menatap 2023

Joglo DakwahMu Almasykuri: Menatap 2023

Joglo DakwahMu Almasykuri: Menatap 2023

Oleh: Tito Yuwono

Iftitah

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Joglo DakwahMu Al-Masykuri adalah pusat dakwah Muhammadiyah di Yogyakarta bagian utara, tepatnya di Dusun Klidon, Desa Sukoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Joglo Dakwah ini merupakan wakaf dari Ibu dr. Nunuk Maria Ulfah, Sp.M ke Muhammadiyah. Semoga Allah Ta’ala menjadikan wakaf ini menjadi amal jariyah beliau dan keluarga.

Dakwah adalah sarana perbaikan masyarakat. Dakwah diberbagai bidang kehidupan perlu dilakukan untuk perbaikan masyarakat secara komprehenship. Joglo DakwahMu Al-Masykuri hadir untuk mengambil sedikit berperan dalam dakwah ini. Joglo DakwahMu adalah sebuah entitas yang bukan sekedar fisik sebuah rumah berbentuk joglo, namun juga mengandung spirit untuk pergerakan berdakwah ke masyarakat. Joglo DakwahMu dilahirkan pada masa pandemi dengan penuh keterbatasan dalam dakwah karena harus dilakukan dengan daring.

Sebagai media bertemunya semua ortom Muhammadiyah, Joglo Dakwahmu telah digunakan untuk berbagai aktivitas dakwah. Baik dakwah untuk pencerahan dalam masalah agama maupun dakwah untuk pemberdayaan masyarakat. Diantara dakwah yang telah dilakukan adalah pengajian tafsir Quran, tafsir hadis, tarjih ibadah, belajar Alquran untuk warga sekitar dan juga kajian-kajian tematik. Sementara dakwah dalam bentuk pemberdayaan juga telah dilakukan, diantaranya pelatihan pengurusan jenazah yang terkena covid, pelatihan peternakan tawon madu, pelatihan menjadi tukang cukur professional, pelatihan e-marketing, pelatihan perbaikan lampu rumah yang telah rusak, dan pelatihan membatik.

Belajar baca Alquran untuk warga sekitar

Menatap 2023

Tentu kita sangat pengen berjalan istiqomah. Tidak layu di tengah jalan. Semangat harus tetap menyala untuk menjalankan dakwah. Banyak warga sekitar yang perlu disentuh dan perlu diajak. Sebenarnya mereka haus akan ilmu dan memerlukan pencerahan. Terinspirasi dengan kata-kata bijak, bahwa orang yang berutung adalah hari ini lebih baik daripada hari kemaren, dan hari besok lebih baik daripada hari ini.

Joglo DakwahMu Al-Masykuri mempunyai harapan-harapan di tahun 2023 ini. Diantaranya adalah:

  1. Meningkatnya frekuensi dan peserta kajian-kajian joglo dakwahmu Al-Masykuri,
  2. Meningkatnya frekuensi dan peserta pemberdayaan masyarakat serta topik pemberdayaan yang semakin relevan dengan latar belakang masalah masyarakat
  3. Meningkatnya produk-produk dakwah baik berupa buku maupun berupa apps dakwah
  4. Optimalisasi penggunaan joglo dakwahmu untuk kemaslahatan ummat terlebih sebagai fasilitas untuk semua ortom-ortom Muhammadiyah dan masyarakat sekitar

Harapan-harapan ini insyaa Allah dapat terwujud dengan dukungan kreativitas-kreativitas kawan-kawan PCM, PCA, PCPM, PCNA, PRM, PRA, PRPM, PRNA dan IMM disekitar Joglo DakwahMu Al-Masykuri.

Semoga Allah Ta’ala berikan kemudahan dan kelancara ikhtiar-ikhtiar dakwah joglo DakwahMu Almasykuri yang bercirikan:

  1. Ilmiah, yaitu bersumber dari Alquran dan Sunnah
  2. Tawasuth, yaitu bersikap pertengahan,
  3. Tidak ghuluw, yaitu tidak berlebihan,
  4. Tawazun, yaitu bersikap seimbang dan hikmah
  5. Berkemajuan, menggunakan media yang sesuai dengan perkembangan zaman

Demikian tulisan singkat ini, semoga menjadi penyemangat untuk semua warga Muhammadiyah dalam berdakwah mewujudkan masyarakat yang berislam dengan baik dan berkemajuan.

Wallahu a’lam bishshowab. Nashrun minallahi wa fathun qarib

Tito Yuwono, Dosen Jurusan Teknik Elektro-Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Sekretaris Majelis Dikdasmen PCM Ngaglik, Sleman Ketua Joglo DakwahMu Almasykuri Yogyakarta

 

Exit mobile version