Bekerjasama dengan MA Dimsa, SMK Muhammadiyah 1 Sragen Gelar Pelatihan Seni Kaligrafi

Bekerjasama dengan MA Dimsa, SMK Muhammadiyah 1 Sragen Gelar Pelatihan Seni Kaligrafi

SRAGEN, Suara Muhammadiyah – Dalam rangkaian MILAD Ke-54 SMK Muhammadiyah 1 Sragen (MUHISRA) menyelenggarakan Workshop Kaligrafi pada hari Rabu (4/1) di Aula Lantai 2. Lebih dari 100 peserta berasal dari siswa kelas X, XI, dan XII mengikuti kegiatan tersebut. Workshop yang merupakan Kerjasama antara SMK MUHISRA dengan MA Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen tersebut berjalan selama kurang lebih empat jam. Berlaku sebagai trainer yaitu Ustadz Fuad Ibrahim yang pernah menjuarai Kaligrafi Nasional dan Ustadzh Lutfi Hanun Hanifah pengajar Kaligrafi MA DIMSA yang dibantu oleh beberapa santri dari MA DIMSA.

Kegiatan ini dilakukan dengan pengenalan jenis-jenis kaligrafi, dan cara penulisan kaligrafi dengan baik dan benar. Dalam acara workshop tersebut Ustadz Fuad memaparkan tentang Perkembangan seni kaligrafi sejak penulisan Mushaf di Zaman Khalifah. Beberapa tokoh yang mengembangkan adalah Zaid bin Tsabit, Abu Aswad Adduwali hingga proses penulisan bebagai jenis kaligrafi Islam yang berkembang saat ini seperti Khat Naskhi, Khat Tsuluts, Khat Kufi, dan lain sebagainya.

Setelah penjelasan sejarah kaligrafi, setiap peserta langsung menulis arab dengan kaidah Khat Naskhi. Para peserta pun sangat antusias dalam kegiatan ini mulai dari belajar menulis huruf hijaiyah menggunakan spidol khat. Para peserta terlihat dengan antusias mencoba menuliskan huru-huruf hijaiyyah sebagus mungkin.

Surat selaku ketua Panitia menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan khazanah Islam dalam hal penulisan Al Quran sekaligus sebagai sarana untuk memberi keterampilan baru bagi siswa. “Kami berharap siswa memiliki pengalaman dan merasakan bagaimana menulis Al Quran dengan kaidah khat yang ada,” ungkapnya.

 

Exit mobile version