Dosen FKM UNIMUS Berikan Pelatihan Publikasi Karya Tulis bagi Guru SD Muhammadiyah Kebumen

Dosen FKM UNIMUS Berikan Pelatihan Publikasi Karya Tulis bagi Guru SD Muhammadiyah Kebumen

KEBUMEN, Suara Muhammadiyah – Tim dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) memberikan pelatihan penulisan karya tulis kepada guru SD Muhammadiyah Kebumen.

Dengan mengusung tema “Publikasi Karya Guru Menuju Sekolah Unggul Berkemajuan”, kegiatan ini berlangsung pada Sabtu, 28 Januari 2023.

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menghasilkan karya tulis, baik yang berupa artikel ilmiah untuk dipublikasikan di jurnal ilmiah maupun artikel ilmiah populer di media massa.

Hal ini penting, mengingat melalui publikasi karya tulis tersebut guru dapat menyebarluaskan pemikirannya ke khalayak luas. Selain itu, dengan publikasi karya tulis guru dapat digunakan sebagai salah satu syarat dalam kenaikan pangkat jabatan fungsional guru.

Pelatihan penulisan karya tulis bagi guru ini dilakukan oleh tim yang terdiri Dr Didik Sumanto, SKM., MKes (Epid) selaku ketua tim yang beranggotakan Dr Sayono, SKM., MKes (Epid), Drs Toto Suyoto Ismail, SH., MS., dan Agung Widodo, SPd., MOr.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua sesi materi. Materi pertama berjudul “Menulis Artikel Hasil Penelitian” disampaikan oleh Dr Sayono, SKM., MKes. (Epid). Dalam materinya Dekan FKM UNIMUS ini menjelaskan tentang struktur dan panduan penulisan artikel ilmiah.

Selanjutnya, materi kedua berjudul “Rahasia Menulis Opini Menembus Media Massa” disampaikan oleh Agung Widodo, SPd., MOr yang juga merupakan dosen pada program studi Ilmu Keolahragaan FKM UNIMUS. Dalam materinya, Agung menjelaskan tentang sistematika, outline, dan langkah-langkah menulis hingga mengirim artikel ilmiah populer ke redaksi media massa.

Peserta tampak bersungguh-sungguh dalam menyimak penjelasan dari para narasumber. Wakil Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Kebumen, Sulthon Nasir, S.Pd. menyatakan bahwa pihak sekolah menyambut positif kegiatan tersebut. “Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menghasilkan karya tulis yang berkualitas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ketua Tim Pengabdian Dr Didik Sumanto, SKM., MKes (Epid) menyatakan bahwa pihak FKM UNIMUS siap untuk melakukan pendampingan publikasi karya ilmiah guru. “Harapan kami, kualitas sekolah yang saat ini sudah unggul akan semakin berkemajuan dengan semakin meningkatnya publikasi para guru. Sehingga semakin memantapkan posisi SD Muhammadiyah Kebumen sebagai salah satu lembaga pendidikan Muhammadiyah yang unggul tidak hanya di tingkat daerah namun juga nasional,” ungkapnya. (Agung Widodo)

Exit mobile version