1 Abad Lintasi Zaman, PKU Muhammadiyah Yogyakarta Sehatkan Bangsa

1 Abad Lintasi Zaman, PKU Muhammadiyah Yogyakarta Sehatkan Bangsa

1 Abad Lintasi Zaman, PKU Muhammadiyah Yogyakarta Sehatkan Bangsa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Rabu 1 Februari 2023 bertepatan dengan Milad 1 Abad ( 100 Tahun ) PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan 14 Tahun PKU Gamping dihelat acara rangkaian bakti sosial pelayanan KB MKJP IUD-Implan gratis untuk masyarakat dengan target 100 peserta di RS PKU Yogyakarta Jl. KH. Ahmad Dahlan No.20, Ngupasan, Gondomanan.

Sambutan Direktur RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dr. H. Komarudin menuturkan bahwa di usia seabad ini mengangkat tema ‘Lintasi Zaman, Sehatkan Bangsa”. Hal ini akan menjadi komitmen dan layanan prima, dengan dilandasi Amanah, Lengkap, Mutu, Antusias, Universal dan Nyaman dalam  menjaga kesehatan masyarakat.

Mengutip Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir bahwa RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta  bukan hanya sebagai institusi kesehatan, melainkan juga heritage karena menjadi rumah sakit pertama dan tertua yang dimiliki oleh pribumi.

Kegiatan ini  upaya peningkatan cakupan kepesertaan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) serta memenuhi Hak Reproduksi bagi Pasangan Usia Subur (PUS) sekaligus dalam rangka pelaksanaan Bakti Sosial (Baksos) Pelayanan KB MKJP awal Tahun 2023 hasil kerjasama dengan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Dan Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta.

Hadir pula dalam kesempatan itu Walikota yang diwakili oleh Wirawan Hario Yudho, S.H. Staf Ahli Bidang Pemerintahan  Dan kesejahteraan Rakyat,  Ir. Eddy Muhammad Kepala Dinas DP3AP2KB Kota Jogjakarta ,  dr  Iin Nazifah Hafid  BKKBN  DIY, Ketua PWM DIY H. Gita Danu Pranata MM dan segenap undangan yang memenuhi ruang aula lantai 3. Sebagaimana dilaporkan contributor Arief Hartanto pada Rabu siang.

Layanan KB Gratis untuk masyarakat kali ini dilaksanakan  selasar Poli Baru RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Kegiatan ini bekerjasama langsung dengan BKKBN Kota Yogyakarta. Banyak masyarakat berkonsultasi dengan tenaga medis RS PKU dan konsultan KB dari BKKBN untuk mengetahui seputar KB dan program keluarga berencana lainnya.

Adapun tujuan dari adanya Program KB Gratis ini adalah untuk mendukung program pemerintah dalam pengendalian dan pengangkatan kwalitas keluarga di daerah Istimewa Yogyakarta dan mendapatkan antusiasme dari ibu-ibu peserta sebanyak  114 orang dari target 100 orang.

Exit mobile version