Dekan FKM UNIMUS: Menulis Artikel Jangan Kecil Hati Jika Dikritisi dan Ditolak

Dekan FKM UNIMUS: Menulis Artikel Jangan Kecil Hati Jika Dikritisi dan Ditolak

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka meningkatkan kualitas publikasi Dosen, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) menyelenggarakan kegiatan Klinik Draft Manuskrip Artikel Ilmiah pada Jum’at (17/2).

Tercatat sebanyak 63 peserta dosen UNIMUS yang berasal dari berbagai program studi mengikuti kegiatan yang dilangsungkan di Aula Lantai 8 Gedung Kuliah Bersama 2 UNIMUS tersebut. Kegiatan dibuka oleh Ketua LPPM UNIMUS, Prof. Dr. Ir. Purnomo, M.Eng.

Dalam sambutannya, Prof Purnomo menyampaikan pentingnya publikasi artikel ilmiah bagi dosen. “Kami berharap, dosen di lingkungan UNIMUS terus melakukan publikasi di berbagai jurnal internasional bereputasi maupun jurnal nasional. Hal ini merupakan kewajiban dosen selaku akademisi dalam memberikan kontribusi pengembangan ilmu pengetahuan,” ungkapnya.

Selanjutnya, seluruh peserta yang sudah siap dengan draft artikel ilmiahnya masing-masing dibagi menjadi beberapa kelompok kecil untuk dilakukan proses peninjauan oleh para reviewer. Hadir sebagai reviewer dalam kegiatan tersebut yaitu Dr. Sayono, S.KM.,M.Kes.(Epid), Ns.Satriya Pranata, M.Kep.,Ph.D., Prof. Dr. Ir. Purnomo, M.Eng., dan Dr. Dodi Mulyadi, M.Pd.

Salah seorang reviewer, Dr. Sayono, S.KM.,M.Kes.(Epid) menyatakan bahwa kegiatan klinik draft manuskrip artikel ilmiah ini penting sebagai upaya menyiapkan dosen untuk memiliki publikasi artikel di jurnal yang bereputasi.

“Banyak hal yang perlu dikritisi dari artikel dosen, tujuannya adalah agar kualitas artikel sesuai dengan jurnal sasaran. Selain itu, menulis artikel untuk publikasi jangan pernah berkecil hati jika artikel kita dikritisi bahkan ditolak oleh editor jurnal,” ungkap pria yang juga menjabat sebagai Dekan FKM UNIMUS tersebut. (Agung Widodo)

Exit mobile version