SMK Muhammadiyah 4 Sragen Gelar Pelatihan Platform Merdeka Belajar

SMK Muhammadiyah 4 Sragen Gelar Pelatihan Platform Merdeka Belajar

SMK Muhammadiyah 4 Sragen Gelar Pelatihan Platform Merdeka Belajar

SRAGEN, Suara Muhammadiyah – SMK Muhammadiyah 4 Sragen menggelar Workshop Penerapan Kurikulum Merdeka pada hari Rabu (15/02) yang bertempat di Ruang Aula SMK Muhammadiyah 4 Sragen. Pengawas SMK Kabupaten Sragen, Yonas Setyonugroho dan Indah Darmawati bertindak sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan Penerapan Kurikulum Merdeka Tahun 2023/2024.

Sebanyak 36 Guru mengikuti kegiatan tersebut. Pemateri menyampaikan materi Training dengan diskusi dan Latihan Instruksi Kerja. Dalam penerapan kurikulum, Indah menjelaskan hal positif yang bisa didapatkan dengan penerapan kurikulum merdeka. “Kurikulum merdeka mempunyai keunggulan dibanding beberapa kurikulum sebelumnya, di antaranya kurikulum merdeka dapat diimplementasikan lebih mendalam dan sederhana karena lebih berfokus pada materi yang esensial dan pengembangannya disesuaikan dengan perkembangan peserta didik berdasarkan fase pencapaiannya,” ungkapnya.

Pembelajaran melalui kegiatan proyek memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta didik untuk secara aktif mengeksplorasi isu-isu aktual misalnya isu lingkungan, kesehatan, dan lainnya untuk mendukung pengembangan karakter dan kompetensi Profil Pelajar Pancasila. “Kurikulum ini juga dirasa lebih relevan karena disesuaikan dengan latar belakang kehidupan peserta didik,” imbuhnya.

Salah satu prosedur yang harus dilakukan guru dalam melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka adalah menginstal aplikasi Platform Merdeka Mengajar. Ini sesuai dengan harapan dari Kepala Sekolah, Muhammad Nur Ahyani. “Saya harap kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru di SMK Muhammadiyah 4 Sragen dengan penuh kesungguhan demi lancarnya pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka.” Tuturnya.

Kegiatan IHT yang berlangsung sejak pukul 07.30 WIB berlangsung sangat kondusif. Terlihat diskusi dan pelatihan berjalan sangat lancar dikarenakan metode penyampaian yang tepat dan didukung oleh tersedianya sara prasarana yang lengkap. Sehingga seluruh peserta sangat antusias mengikuti pelatihan sampai selesai. Hal ini tidak lepas dari pemateri yang sangat interaktif selama kegiatan berlangsung. Semua mekanisme dan teknis pelatihan dijelaskan dengan sangat detail sehingga peserta menjadi termotivasi untuk mempraktikkan prosedur pengisian platform Merdeka Mengajar.

Exit mobile version