Mahasiswa FKIP UHAMKA Gelar KKN Kolaborasi

Mahasiswa FKIP UHAMKA Gelar KKN Kolaborasi

TEMANGGUNG, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa dari tiga program studi yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) telah melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Kolaborasi yang dilaksanakan dimulai dari tanggal 6-21 Februari 2023.

Kegiatan KKN ini merupakan kegiatan kolaborasi yang dilakukan pertama kali dari gabungan tiga program studi yang mengusung tema “ Penguatan Literasi, Numerisasi, berbasis Ekonomi Kreatif untuk Temanggung Berkemajuan”. Dalam kegiatan ini mahasiswa dituntut untuk terjun langsung ke lingkungan masyarakat di Dusun Kemriyan.

Mahasiswa melakukan observasi terlebih dahulu mengenai permasalahan apa saja yang terjadi di Dusun Kemriyan Desa Tempuran Kecamatan Kaloran Temanggung Jawa Tengah. Setelah itu, mahasiswa menentukan fokus permasalahan yang terjadi diantaranya seperti kurangnya kreativitas masyarakat dalam mengelola sumber daya alam yang berlimpah, masih kurangnya minat baca dan menulis anak-anak di dusun tersebut. Oleh karena itu mahasiswa KKN-DIK Kolaborasi mengupayakan apa yang terjadi dari permasalahan tersebut. Salah satunya dengan adanya kegiatan rumah belajar yang diadakan pada saat jam anak-anak pulang sekolah.

Pada kegiatan rumah belajar ini diharapkan anak-anak di Dusun Kemriyan untuk meningkatkan dan melatih literasi, numerasi dan daya kreativitas seni. Selain itu, diharapkan dengan adanya kegiatan rumah belajar yang dikelola oleh mahasiswa FKIP UHAMKA ini ialah untuk memberikan gambaran nyata bahwa masih kurangnya sarana yang terdapat di sekolah khusus nya di desa.

“ Alhamdulillah Kegiatan KKN Kolaborasi yang dilakukan selama 15 hari ini berjalan dengan lancar. Banyak hal yang diterima selama kami di desa Kemriyan, perbedaan sosial antara di kota dan didesa. Kekurangan sarana dan prasarana menjadi hal nyata bahwa kurangnya perhatian pemerintah kepada masyarakat desa , seharusnya seluruh masyarakat Indonesia dapat merasakan pendidikan yang layak, sehingga ini berdampak anak kurang minat baca, dan memberikan perhatian kepada masyarakat perdesaan.” Tutur Refzaldi Hadi Sukamto selaku ketua kelompok 6.

Adapun Kelompok 6 terdiri dari 12 orang yang merupakan gabungan dari 3 program studi ialah, Refzaldi Hadi Sukamto, Aliffia Ikhsiani Nurul Mustofa, Nur Zakhya Nabilla, Nurul Rohmah Suhaeman Muhsin, Lala Kardova, Natassya Salsabilla Kusdianto, Nahar Zulfah Fadilah, Zahrotul Afifah, Riska Wahyu Ananda, Niken Fijayanti, Naufal Fadhilah, Ajeng Sucitra Haryanza.

Terdapat beberapa program kerja yang dilaksanakan selain rumah belajar ialah diantaranya kegiatan mengajar di TPQ, kegiatan posyandu, pengajian, kegiatan ekonomi kreatif, gotong royong perbaikan sarana dan prasarana TPQ, melakukan senam, mengadakan lomba yang diikuti oleh anak-anak di Dusun Kemriyan, dan terakhir pentas seni.

Dalam kegiatan pentas seni ini sekaligus merupakan perpisahan kami selaku mahasiswa KKN kepada anak-anak dan warga Dusun Kemriyan. Dalam perpisahan ini juga sekaligus pembagian hadiah dari pelaksanaan lomba yang diadakan pada tanggal 18 Februari 2023 yang terdiri dari lomba cerdas cermat, mewarnai, membaca puisi, sholawat, dan terakhir menyanyi. Di akhir acara pentas seni kami juga memberikan snack kepada anak-anak dan melakukan perpisahan.

Dari kegiatan KKN kolaborasi ini banyak mendapatkan pengalaman yang sangat berharga sekali dalam mengabdi di dusun Kemriyan Desa Tempuran Kecamatan Kaloran Temanggung Jawa Tengah. Dan menjadi sebuah pelajaran mengenai arti sebuah kehangatan, kebersamaan, tradisi adat istiadat dan lainnya. Yang menjadi sebuah cerita di masa yang akan datang. (Refzaldi/Cris)

Exit mobile version