SD Muhammadiyah 11 Surabaya Gelar Outing Clas

SD Muhammadiyah 11 Surabaya Gelar Outing Clas
PASURUAN, Suara Muhammadiyah — Sekolah Prestasi SD Muhammadiyah 11 Surabaya yang lebih dikenal SD MuhlaS jenjang kelas IV menggelar kegiatan Outing Class. Kegiatan tersebut digelar di Eduwisata Bhakti Alam Pasuruan, Jawa Timur pada hari Kamis tanggal 23 Februari 2023.
Selaku wali kelas IV Al-Fajr Istianah Hajar menjelaskan, bahwa kegiatan Outing Class adalah kegiatan belajar mengajar yang diadakan di luar kelas di mana tidak dilakukan di dalam kelas pada umumnya. Pada kegiatan tersebut diikuti sebanyak 145 siswa dan 9 guru pendamping.
“Outing Class tersebut merupakan media yang paling efektif dan efisien dalam menyampaikan pembelajaran yang bukan didasarkan dari teori saja tapi juga pembuktian di lapangan secara langsung,” terangnya.
Lanjut Istianah, beberapa kegiatan outing class yang dilaksanakan di Eduwisata Bhakti Alam Pasuruan terdiri dari edukasi tanam padi, perah susu, pabrik susu, serta keliling perkebunan.
“Banyak pelajaran yang diberikan, mulai mendapatkan pengalaman mengelola sumber daya alam, terutama di bidang pertanian dan peternakan. Setiap peserta didik akan melihat dan merasakan secara langsung cara menanam dan merawat padi, memerah susu sapi, bahkan sampai proses pasteurisasi susu yang akhirnya bisa diminum bersama,” imbuhnya.
Sementara itu, Kepala SD Muhammadiyah 11 Surabaya Mursiah, M.Pd. menjelaskan, secara umum tujuan outing class di bakti alam adalah, melatih kekompakan, tanggung jawab dan kemandirian, meningkatkan kecerdasan sosial, mendekatkan anak dengan alam, serta memindahkan tempat pembelajaran di dalam kelas ke alam bebas.
“Mudah-mudahan dengan kegiatan outing class tersebut para peserta didik bisa lebih enjoy dalam menerima ilmu pengetahuan serta meningkatkan kemandirian,” tutupnya. (Yuda Panuluh)
Exit mobile version