Merindukan Gedung Dakwah Muhammadiyah Kabupaten Banggai

Merindukan Gedung Dakwah Muhammadiyah Kabupaten Banggai

Oleh: Iswan Kurnia Hasan

Jejak dakwah Muhammadiyah di Kabupaten Banggai telah ada semenjak masa-masa awal kemerdekaan. Bahkan ada yang mengatakan warga Banggai ada yang telah mengenal Muhammadiyah dan mendakwahkan Muhammadiyah, sebelum Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Namun jejak dakwah yang telah dimulai puluhan tahun lamanya, sampai saat ini di tahun 2023, Muhammadiyah di Banggai belum memiliki Gedung Dakwah yang representatif sebagai pusat kegiatan Muhammadiyah, tempat bersinerginya seluruh organisasi otonom dalam menjalankan aktivitasnya, dan tempat silaturrahmi seluruh warga Muhammadiyah Kabupaten Banggai. Padahal telah begitu banyak amal usaha Muhammadiyah yang ada, mulai dari TK sampai universitas.

Oleh karena itu, warga Muhammadiyah yang dikomandoi oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Banggai mengagas pendirian Gedung Dakwah yang diberi nama Pusat Dakwah Muhammadiyah Kabupaten Banggai di akhir tahun 2022. Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banggai juga langsung mewakafkan tanahnya di dalam kota yang mengarah ke dekat gunung, untuk menjadi lokasi pembangunan.

Melalui momentum Musyawarah Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Tengah yang dilaksanakan di Kota Luwuk Kabupaten Banggai pada awal Januari 2023, Pimpinan Daerah Muhammadiyah mengundang Bapak Din Syamsuddin sekaligus meletakkan batu pertama pembangunan Pusat Dakwah Muhammadiyah Kabupaten Banggai. Acara peletakan batu pertama juga dihadiri oleh Pimpinan Pusat Aisyiyah, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Aisyiyah Sulawesi Tengah, beberapa Pimpinan Daerah Muhammadiyah di Sulawesi Tengah yang mengikuti Musyawarah Wilayah, Pimpinan Daerah Aisyiah Banggai dan segenap unsur organisasi otonom.

Ketua Panitia Pembangunan, Iswan Kurnia Hasan, alumni Madrasah Muallimin Muhammadiyah dan mantan Ketua PCI Muhammadiyah Kairo Mesir bersama seluruh panitia telah menggalang donasi dari Warga Muhammadiyah Kabupaten Banggai. Alhamdulillah dana yang terkumpul bisa untuk memulai proses awal pembangunan. Untuk melanjutkan proses pembangunan sampai selesai, melalui tulisan ini, panitia, pimpinan daerah dan seluruh warga Muhammadiyah Kabupaten Banggai, sangat berharap Gedung Dakwah Muhammadiyah yang telah dirindukan selama puluhan tahun dapat terwujud dengan sumbangsih dari seluruh warga Muhammadiyah di tanah air.

Bagi warga Muhammadiyah di dalam dan luar negeri yang ingin beramal jariyah untuk pembangunan Gedung Dakwah Muhammadiyah Kabupaten Banggai dapat menyalurkan donasi melalui Bank Syariah Indonesia cabang Luwuk, nomor rekening 7209966004 atas nama Panitia Pembangunan Pusat Dakwah.

Semoga donasi yang diberikan oleh warga Muhammadiyah bisa menjadi sarana berdirinya Pusat Dakwah Muhammadiyah Kabupaten Banggai, yang telah dirindukan selama puluhan tahun

Iswan Kurnia Hasan, Ketua Panitia Pembangunan Pusat Dakwah Muhammadiyah Kabupaten Banggai

Exit mobile version