Dosen IKOR FKM UNIMUS, Terbitkan Buku Kolaborasi Pencegahan pada Cedera Olahraga

Dosen IKOR FKM UNIMUS, Terbitkan Buku Kolaborasi Pencegahan pada Cedera Olahraga

Dosen IKOR FKM UNIMUS, Terbitkan Buku Kolaborasi Pencegahan pada Cedera Olahraga

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Dosen Program Studi Ilmu Keolahragaan (IKOR) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS), Muhammad Muhibbi, M.Pd., AIFMO. berhasil terbitkan buku hasil kolaborasi dengan beberapa penulis yang berasal dari berbagai kalangan praktisi dan akademisi.

Selain Muhammad Muhibbi, buku yang berjudul Penanganan pada Cedera Olahraga ini ditulis oleh Zalikal Ilham, S.Pd., Fekie Adila, M.Pd., AIFO-P, Ittaqwa, S.Pd., AIFO-P, Deny Pradana Saputro, M.Pd., dan Muhammad Imam Rahmatullah, M.Pd.
Dosen pengampu mata kuliah Pencegahan dan Perawatan Cedera serta Massage Olahraga pada prodi S1 IKOR FKM UNIMUS ini berharap bukunya dapat bermanfaat bagi khalayak luas dalam menambah pengetahuan seputar cedera olahraga.
“Saya berharap buku ini bermanfaat untuk semua pembaca. Terutama bagi para mahasiswa olahraga yang mengambil pencegahan dan perawatan cedera. Selain itu juga sebagai sumbang saran pemikiran penulis dalam perkembangan ilmu pengetahuan di bidang olahraga,” ujarnya.
Adapun kandungan dari buku ini mencakup sebagai berikut. Pada bab pertama, berisi tentang dasar-dasar cedera yang menjelaskan pengertian dan penyebab cedera. Bab kedua mengulas tentang klasifikasi cedera olahraga. Bab ketiga menjelaskan tentang macam-macam cedera pada olahraga.
Selanjutnya, pada bab keempat dijabarkan mengenai tingkatan cedera olahraga. Kemudian di bab kelima memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah pertolongan pertama dan penanganan pada cedera olahraga. Terakhir, pada bab keenam sekaligus terakhir dijelaskan tentang langkah-langkah pencegahan cedera.

Dekan FKM UNIMUS, Dr Sayono, SKM., MKes (Epid), menyampaikan apresiasinya dan berharap penerbitan buku ini dapat menjadi keunggulan prodi IKOR FKM UNIMUS serta menjadi pemicu untuk semua dosen dalam meningkatkan kinerja dalam menyebarluaskan ilmu pengetahuan lewat publikasi karya. (Agung Widodo)

Exit mobile version