SD Muhammadiyah Karangploso Tumbuhkan Semangat Berbagi dan Peduli

SD Muhammadiyah Karangploso Tumbuhkan Semangat Berbagi dan Peduli

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah – SD Muhammadiyah Karangploso, Piyungan, Bantul telah menyelenggarakan kegiatan bakti sosial dengan tema, “Indahnya Berbagi, Wujudkan Solidaritas Peduli”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 18 Maret 2023 yang bertempat di Rumah Singgah Yatim Muhammadiyah Umi Anifah, Katongan, Nglipar, Gunungkidul.

Kegiatan berbagi dari SD Muhammadiyah Karangploso telah berjalan setidaknya 10 tahun. Bersamaan dengan hal itu, kegiatan ini memiliki orientasi yang baik bagi pengembangan perilaku mulia peserta didik. Dan juga menumbuhkan kepekaan untuk saling berbagi kepada sesama.

Di samping itu, juga mengharapkan dukungan dari santri-santri Rumah Singgah Yatim Muhammadiyah Umi Anifah untuk turut serta mendoakan kelancaran dan kesuksesan dari siswa-siswi kelas VI SD Muhammadiyah Karangploso.

Rumah Singgah Yatim Muhammadiyah Umi Anifah sendiri merupakan yayasan yatim yang baru saja diresmikan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah setempat. Kepala Rumah Singgah Yatim Muhammadiyah Umi Anifah, Tulus menyampaikan rasa kebanggaan dan syukur atas kunjungan yang tidak terduga ini. Menurutnya kunjungan ini dapat memberi semangat bagi keluarga besar yayasan beserta semangat bagi keluarga besar SD Muhammadiyah Karangploso untuk terus mempererat silaturahmi dan juga melejitkan semangat berbagi.

“Sebagai Yayasan Yatim yang baru saja diresmikan, saya terharu dan sangat bersyukur, karena langsung datang bantuan dari Allah melalui SD Muhammadiyah Karangploso ini,” tuturnya.

Turut hadir Pimpinan Cabang Muhammadiyah Nglipar, HM Isa, SPd yang memberikan kajian singkat. Dalam kajiannya, Isa mengatakan bahwa kehidupan sekarang banyak manusia, lebih-lebih umat Islam yang justru lebih senang mendermakan rezeki yang diberikan dari Allah untuk urusan duniawi, melupakan kehidupan hakiki (akhirat).

“Ironi saat ini adalah semakin terlihat orang-orang yang lebih senang membelanjakan harta mereka dalam hal materi duniawi, daripada menghabiskannya di jalan Allah,” tuturnya.

Sependapat dengan hal tersebut, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Karangploso Ana Rahmatulloh, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai momentum untuk memperkuat tali silaturahmi baik dari SD Muhammadiyah Karangploso dengan Rumah Singgah Yatim Muhammadiyah Umi Anifah.

“Kegiatan ini menjadin jembatan besar dan baru bagi setiap tempat yang kami kunjungi. Berusaha menjalin silaturrahmi sekaligus menumbuhkan jiwa kepekaan terhadap sesama dari siswa-siswi kelas VI SD Muhammadiyah Karangploso,” tuturnya.

Kegiatan berbagi kali ini berjalan dengan lancar, meski terdapat beberapa kesalahan teknis yang tidak begitu berarti. Kegiatan ini ditutup dengan foto serta makan bersama. (Iefone Shiflana Habiba/Cris)

Exit mobile version