Safari Ramadhan PDM Asahan, Sosialisasikan Program Kerja Persyarikatan

Safari Ramadhan PDM Asahan, Sosialisasikan Program Kerja Persyarikatan

ASAHAN, Suara Muhammadiyah – Safari Ramadhan adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan perjalanan ke berbagai tempat yang dilakukan oleh umat Muslim selama bulan Ramadhan. Biasanya, dalam kegiatan ini ini umat Muslim mengunjungi masjid-masjid atau pusat kegiatan keagamaan lainnya untuk beribadah dan mendapatkan pengalaman spiritual yang lebih mendalam selama bulan suci Ramadhan.

Selain itu, dalam Safari Ramadhan ini juga biasanya dilakukan kegiatan sosial seperti memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, berbagi makanan untuk berbuka puasa bersama, dan kegiatan lain yang bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan dan solidaritas antar sesama umat Muslim.

Kegiatan ini menjadi salah satu tradisi yang sering dilakukan oleh umat Muslim di berbagai negara yang merayakan bulan suci Ramadhan.

Sama halnya yang dilakukan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Asahan yang saat ini sedang melaksanakan Safari Ramadhan di Masjid Ranting Rawang Pasar IV Cabang Muhammadiyah (PCM) Rawang Panca Arga, Selasa, (04/04/2023)

Ketua PDM Asahan, M. Akhiar, MA, mengatakan dirinya sangat bangga dan memberikan mengapresiasi Kajian Ramadhan 1444 H yang dilaksanakan oleh Tim Safari Ramadhan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Asahan Tahun 20223 yang dalam hal ini merupakan program kerja tahunan Majelis Tabligh PDM Asahan.

“Kajian Ramadhan yang dilaksanakan oleh masjid-masjid Ranting maupun Cabang Muhammadiyah yang ada di Kabupaten Asahan, menunjukkan Ramadhan sebagai bulan yang penuh barokah, dimana saling berlomba mengadakan kajian Ramadhan dengan sebaik-baiknya,” paparnya.

Muhammadiyah Kabupaten Asahan mempunyai Amal Usaha Sekolah terdiri dari SD, SMP, SMA, SMK, dan Panti Asuhan yang dikelola ibu-ibu Aisyiyah ada TK dan PAUD, satu Rumah Sakit serta beberapa Amal Usaha Muhammadiyah lainnya, disamping itu, Muhammadiyah Asahan memiliki 12 Cabang dan 65 Ranting,” ujarnya.

Untuk tahun 2023 ini, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Asahan akan melakukan kunjungan Safari Ramadhan di 14 Masjid yang ada di PCM ataupun PRM se Kabupaten Asahan, sedangkan untuk yang sisanya itu dilakukan oleh Angkatan Muhammadiyah Asahan.

Beliau juga mengungkapkan, “Untuk tahun 2023 ini kami Tim Safari dibagi menjadi 2 bagian sedangkan setiap bagian di bagi menjadi beberapa tim, untuk yang bagian pertama itu Pimpinan Daerah Muhammadiyah Asahan terdiri dari 14 Tim sedangkan untuk bagian kedua itu Angkatan Muda Muhammadiyah yang juga di bagi menjadi beberapa tim,” Katanya.

Dalam ceramahnya, M. Akhiar, MA menghimbau kepada Angkatan Muda Muhammadiyah Daerah Kabupaten Asahan dalam melaksanakan Safari Ramadahan nantinya agar senantiasa mempedomani sepenuhnya HPT, menghindari persoalan khilafiyah,” imbuhnya.

Adapun kegiatan Safari Ramadhan PDM Asahan sebagai berikut.

A. Kamis, 08 Ramadhan 1444 H, 30 Maret 2023 M

  1. Masjid PRM Aek Bamban Cabang Muhammadiyah Bandar Pulau
  2. Masjid PRM Aek Loma Cabang Muhammadiyah Aek Kuasan
  3. Masjid PRM Simpang Empat Cabang Muhammadiyah Simpang Empat
  4. Masjid PRM Sentang Sawah Cabang Muhammadiyah Sentang
  5. Masjid PRM Sei Silau Timur Cabang Muhammadiyah Buntu Pane

B. Sabtu, 10 Ramadhan 1444 H, 01 April 2023 M

  1. Masjid PRM Dadimulyo Cabang Muhammadiyah Kisaran
  2. Masjid PRM Gambir Baru Cabang Muhammadiyah Kisaran Timur
  3. Masjid PRM Punggulan Cabang Muhammadiyah Air Joman
  4. Masjid PRM Rawang Pasar Lama Cabang Muhammadiyah Rawang Panca Arga
  5. Masjid PRM Lubuk Amat Cabang Muhammadiyah Lubuk Palas
  6. Masjid PRM Bunut Sebrang Cabang Muhammadiyah Meranti.

C. Selasa, 13 Ramadhan 1444 H, 04 April 2023 M

  1. Masjid PRM Rawang Pasar 4 Cabang Muhammadiyah Rawang Panca ArgA

D. Kamis, 15 Ramadhan 1444 H, 06 April 2023 M

  1. Masjid PRM Sidodadi Cabang Muhammadiyah Kisaran

(Cris)

Exit mobile version