Raker, MPKS PP Muhammadiyah Tentukan 5 Program Prioritas

Raker, MPKS PP Muhammadiyah Tentukan 5 Program Prioritas

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Raker perdana  Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah digelar di Pusdiklat Kesejahteraan Sosial Kemensos Jl Margaguna, Radio Dalam, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, Jum’at – Sabtu (7-8/04/2023). Rapat Kerja perdana di tahun 2023, diikuti oleh jajaran Anggota, Pimpinan dan Dewan Pakar Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) Pimpinan Pusat (PP).

Raker Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) dibuka langsung oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang membidangi MPKS dr Agus Taufiqurrahman, MKes. Selain itu dihadiri oleh Ketua MPKU PP Muhammadiyah, Dr M Agus Samsudin, MM dan Ketua Lazismu PP Muhammadiyah Ahmad Imam Mujaddid Rais, MA.

dr Agus Taufiqurrahman dalam sambutannya memberi arahan kepada seluruh pengurus MPKS PP Muhammadiyah untuk tetap mengawal Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA), selain menerapkan model pengasuan yang kekinian juga harus mendorong menyiapkan lembaga yang nyaman dan berwawasan internasional. “Mari kita dorong Gerakan sosial sebagai perwujudan amal sholih dan mengawal pantiasuan-pantiasun kita yang nyaman dan berwawasan internasional,” ungkapnya.

Selain itu, Agus Taufiqurrahman juga berpesan kepada pengurus MPKS PP Muhammadiyah agar ikhlas dan niat yang benar, dalam melaksanakan  program dan mengawal 8 program prioritas Muhammadiyah pasca muktamar. Maka MPKS dapat mengambil peran di poin 8 yaitu internasionalisasi gagasan, gerakan dan program. Diharapkan juga kepada tim MPKS sebagai relawan sosial harus tertib administrasi dan bersinergi dengan Lazismu di tiap tingkatan dan juga MPKU.

Dalam arahanya Agus mengatakan walaupun Muhammadiyah menganut falsafah sepi ing pamrih rame ing gawe, namun kegiatan sosial yang dilakukan perlu dipublikasikan agar diketahui oleh masyarakat, sekalipun hanya dengan video singkat.

“Tidak harus membangun panti asuhan baru, namun perlu mengembangkan yang sudah ada, melakukan upgrade leadership sehingga tercipta sistem gerakan yang maju, modern , professional. Hal itu untuk mewujudkan Amal Usaha yang  unggul, mandiri, meluas  dan merata melalui sinergitas kemitraan dan fundraising yang Inovatif,” katanya menambahkan.

Ketua MPKS PP Muhammadiyah Mariman Darto mengucapkan selamat datang kepada seluruh pengurus dan dewan pakar. Mariman mengatakan Raker beragendakan penyusunan dan penjabaran program-program kerja Majelis yang telah diputuskan dalam Muktamar Muhammadiyah ke 48 di Solo.

Mariman menambahkan Rakerja juga untuk menentukan prioritas program, mulai tahun pertama hingga kelima. Penyusunan job deskripstion sesuai pembidangan. Secara garis besar ada lima bidang, yakni sistem gerakan, penguatan jaringan, pelayanan, penguatan organisasi dan penguatan sumber daya manusia.

Sementara itu Sekretaris MPKS PP Muhammadiyah, Faozan Amar mengatakan Rakerja diikuti oleh seluruh jajaran pengurus, mulai dari dewan pakar, pimpinan dan seluruh anggota. Kegiatan Rapat Kerja Perdana ini merupakan agenda tetap MPKS. Adapun tujuan Raker MPKS PP Muhammadiyah sebagai bentuk koordinasi dan silaturahmi untuk merumuskan program kerja selama masa jabatan yang ada. Kegiatan Rakor MPKS PP dilakukan secara berkala dan terjadwal, agar visi 2022-2027 dan prioritas program dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan. (alf/riz)

Exit mobile version