Jelang Idul Fitri, PCM Jetis Gelar Pembagian Paket Sembako

Jelang Idul Fitri, PCM Jetis Gelar Pembagian Paket Sembako

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Bulan Puasa Ramadhan sebentar lagi akan berakhir. Dan hari kemenangan Idul Fitri juga makin dekat dan tiba. Karena itu, di dalam menyemarakkan kedatangan Idul Fitri, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Jetis Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan pembagian paket sembako. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara bersamaan dengan Pengajian Ahad Pagi (16/4) di Masjid Noor Pakuningratan Jetis Yogyakarta.

Sebelum dilaksanakan pembagian paket sembako sebanyak 350 buah, terlebih dahulu di awali dengan kegiatan pengajian. Pengajian tersebut disampaikan oleh Ustaz Badruddin ARK, SAg., MSI selaku Kepala Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. Dalam tausiyahnya, Ustaz Bad—demikian sapaannya—menyampaikan bahwa umat Islam merasa bahagia karena bisa melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan. Selain itu, perasaan sedih sebab Ramadhan akan pergi meninggalkan umat Islam.

“Itulah dua ekspresi dan perasaan umat Islam sekarang,” ujarnya.

Dalam pengajian tersebut, dirinya mengingatkan kepada jamaah agar jangan sampai masuk neraka. Sehingga dengan sisa Ramadhan ini, diharapkan agar jamaah dapat memasifkan kualitas ibadahnya. Sebab, orang yang tidak memperhatikan ibadahnya, ancamanya adalah neraka. Peringatan Allah hal ihwal neraka begitu nyata, “Maka Aku memperingatkan kamu dengan neraka yang menyala-nyala.” (QS. Al-Lail (92): 14).

Ibadah yang mesti ditingkatkan antara lain puasa, salat, tadarus Al-Qur’an, infak, sedekah, zakat, dan sebagainya. Sebab ganjaran dari ibadah ini ketika digeliatkan di bulan Ramadhan, jauh lebih besar.

“Mari bapak dan ibu kita berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas ibadah di akhir bulan Ramadhan. Karena hal itu dapat membuat kualitas hidup kita jauh lebih baik daripada orang yang tidak meningkatkan kualitas ibadahnya. Allah sendiri yang akan membalasnya yakni dapat terhindar dari api neraka,” tuturnya.

Setelah itu, dilakukan pembagian paket sembako. Menurut Imam Bayu Nugroho selaku Ketua PCM Jetis Yogyakarta kegiatan pembagian paket sembako menjadi kegiatan yang rutin dilaksanakan bertepatan di akhir Ramadhan. Selain itu, pembagian paket sembako ini sebagai manifestasi dari sprit teologi Al-Ma’un di mana untuk memenuhi kebutuhan bagi kaum dhuafa’-mustadh’afin.

“Alhamdulillah, kami dari PCM Jetis pada hari ini dapat menyelenggarakan kegiatan pembagian paket sembako kepada para jamaah pengajian Ahad pagi. Kegiatan ini tentu saja kami berusaha untuk semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan pokok bagi jamaah yang berada di sekitar Wilayah Jetis,” tuturnya.

Pembagian paket sembako ini berisi seperti minyak goreng, teh, gula pasir, indomie, dan masih banyak lagi. Diharapkan jamaah dapat merasakan manfaat dari pembagian paket sembako tersebut.

“Mudah-mudahan yang sedikit ini dapat memberikan manfaat kepada bapak dan ibu semua,” jelasnya. (Cris)

Exit mobile version