Anwar Abbas Kunjungi PAY Putra Muhammadiyah Lowanu Yogyakarta

Anwar Abbas Kunjungi PAY Putra Muhammadiyah Lowanu Yogyakarta

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah — Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Anwar Abbas melakukan kunjungan kerja di Yogyakarta. Selama melakukan kunjungan, Anwar bertandang ke Panti Asuhan Yatim (PAY) Putra Muhammadiyah Lowanu Yogyakarta, Sabtu (6/5).

Kedatangan Anwar disambut dengan hangat oleh Ketua Panti, H Jaldan Latief, BSc, Wakil Ketua Panti, Tri Haryanto, Ketua PCM Mergangsan, H Prajoto, SPd, Ketua PCM Jetis, Imam Bayu Nugroho, Ketua PCM Tegalrejo, Muhammad Erwan Santoso, Ketua PCM Mantrijeron, Yaisyul Hafid, Kelompok Minatani PDM Kota Yogyakarta, dan seluruh santri.

Selama melakukan kunjungannya, Anwar meninjau perkembangan terkini terhadap dinamika yang terjadi di panti tersebut. Diungkapkan bahwa dirinya sangat mengharapkan agar panti asuhan di Yogyakarta menjadi uswah hasanah bagi panti asuhan Muhammadiyah di Indonesia. Lebih-lebih di PAY Putra Muhammadiyah Lowanu Yogyakarta ini.

“Kami berharap agar panti asuhan di Yogyakarta ini bisa menjadi contoh bagi panti asuhan lainnya. Kami juga meminta kepada pengurus disini untuk bisa memiliki visi yang kuat agar panti di sini bisa berkembang lebih baik,” katanya.

Menurut Anwar panti tersebut merupakan salah satu prakasa yang didirikan atas dedikasinya oleh Kiai Haji Sudja’ sejak bulan November 1921. Di sini Muhammadiyah membuktikan bahwa kehadirannya sangat konsen untuk mencerdaskan kehidupan bangsa lewat pembangunan lembaga pendidikan berupa panti asuhan. Sampai saat ini, panti asuhan milik Persyarikatan Muhammadiyah telah tersebar luas di penjuru negeri.

Maka dengan hal itu, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia ini menyampaikan pesan kepada seluruh santri agar jangan sampai terlena dengan fasilitas dan infrastruktur yang disediakan oleh panti asuhan. Anwar mendorong dan memberikan motivasi agar santri tetap semangat dalam menuntut ilmu sekaligus hidup mandiri.

“Kepada anak-anakku, janganlah kalian terlena dengan pelayanan yang diberikan panti asuhan. Sebab kalau terlena maka lupa untuk membenahi diri dan mempersiapkan diri kita di masa depan. Sesuatu yang telah diberikan oleh Muhammadiyah harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas Meninjau Minotani Muhammadiyah Yogyakarta

Dalam kesempatan itu, Anwar juga melakukan kunjungan ke Minotani Muhammadiyah Yogyakarta. Salah satu produknya budidaya ikan lele, ikan nila, pembibitan, dan tanaman hias. Pihaknya berpesan agar minotani ini bisa dikelola dengan baik sehingga kebermanfaatannya dapat dirasakan oleh seluruh santri.

“Saya rasa seandainya ini dikelola dengan baik, maka sudah bisa memenuhi kepentingan pokok bagi anak-anak. Jadi kita mengharapkan panti asuhan ini apa yang menjadi kebutuhan santri, bisa disuplai oleh panti asuhan sendiri. Ini merupakan wujud dari panti asuhan mandiri. Ini saya rasa sangat menarik dan bagus dijadikan teladan bagi kawan-kawan yang mengelola panti asuhan di berbagai wilayah di tanah air,” terangnya. (Cris)

Exit mobile version