Dosen IKOR FKM UNIMUS Jadi Pengawas Liga Nusantara Futsal Jawa Tengah

Dosen IKOR FKM UNIMUS Jadi Pengawas Liga Nusantara Futsal Jawa Tengah

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Dosen program studi Ilmu Keolahragaan (IKOR) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS), Agung Widodo, SPd., MOr bertugas menjadi pengawas pertandingan (match commissioner) Liga Nusantara (Linus) Futsal Jawa Tengah 2023 di Jaskon Sport Center, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Linus Futsal Jawa Tengah 2023 adalah kompetisi futsal regional yang diikuti oleh klub anggota Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Jawa Tengah, untuk kategori putra maupun putri. Adapun juara kompetisi ini nantinya akan maju ke putaran nasional untuk memperebutkan tiket promosi ke Liga Futsal Profesional Indonesia di tahun 2024.

Berdasarkan surat tugas dari PSSI Jawa Tengah nomor: 83/PSSI-JTG/V/2023, dosen yang memiliki lisensi pengawas pertandingan futsal nasional ini bertugas pada pertandingan hari ketiga dan keempat (matchday 3 & 4) yang berlangsung pada Selasa-Rabu (16-17/5).

Dalam keterangannya, Agung menceritakan bahwa untuk menjadi pengawas pertandingan harus mengikuti kursus yang diselenggarakan oleh induk organisasi olahraga yang terkait. Selain itu, setelah kursus, juga harus selalu mengikuti perkembangan ketika ada amandemen terhadap regulasi atau peraturan pertandingan lewat kegiatan penyegaran.

“Menjadi perangkat pertandingan dapat menjadi alternatif pilihan profesi bagi para mahasiswa olahraga. Karena itu, sangat disarankan bagi mahasiswa untuk mengikuti kursus wasit ataupun pelatih cabang olahraga. Hal ini agar ketika lulus mereka memiliki kompetensi lain sebagai pendamping ijazah yang kelak akan berguna”, ungkapnya. (Cris)

Exit mobile version