Aksi Kemanusiaan Masjid Muhammadiyah Al Muhajirin Banjarmasin

Aksi Kemanusiaan Masjid Muhammadiyah Al Muhajirin Banjarmasin

BANJARMASIN, Suara Muhammadiyah – Masjid Muhammadiyah Al Muhajirin Banjarmasin kembali menggelar aksi kemanusiaan dalam bentuk kegiatan donor darah pada Ahad, 21 Mei 2023. Kegiatan donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Banjarmasin ini adalah yang ke-23 kalinya dilaksanakan oleh masjid tersebut. Para jamaah masjid dan masyarakat sekitar terlihat antusias mengikuti kegiatan di masjid yang beralamat di Jl. HKSN Raya, Kuin Utara Banjarmasin ini.

“Kegiatan donor darah ini merupakan agenda rutin di Masjid Muhammadiyah Al Muhajirin yang dilaksanakan sebagai respon atas tingginya permintaan darah dari berbagai rumah sakit yang seringkali mengalami kekurangan stok darah untuk para pasiennya. Atas dasar itulah, kami secara berkala melaksanakan donor darah sebanyak lima kali setahun dengan jarak pelaksanaan rata-rata setiap 2,5 bulan sekali. Alhamdulillah kami memiliki kelompok pendonor darah tetap dari kalangan jamaah masjid ditambah dengan masyarakat umum lainnya sehingga untuk setiap kali donor minimal terkumpul 50 kantong darah yang siap disumbangkan untuk masyarakat yang membutuhkan melalui PMI,” ujar Dr. M. Arif Budiman, S.Ag, M.E.I, Ketua Pengurus Masjid Muhammadiyah Al Muhajirin.

Pelaksanaan donor darah dimulai pukul 17.00 Wita dan berakhir pukul 21.00 dengan diselingi break shalat Maghirb dan Isya. Untuk para pendonor disediakan kudapan dan bingkisan untuk dibawa pulang serta sampel produk MieMu yang merupakan mie hasil produksi persyarikatan.

Yos Indrawan, salah seorang jamaah masjid yang menjadi pendonor darah tetap mengatakan bahwa dirinya tidak pernah absen mendonorkan darahnya di Masjid Muhammadiyah Al Muhajirin untuk menolong orang-orang yang memerlukan. “Saya sangat bersyukur karena dapat membantu sesama. Dengan mendonorkan darah, saya juga merasa lebih sehat dan fit. Mudah-mudahan bermanfaat dan bernilai sedekah di sisi Allah,” harap pegawai di Universitas Lambung Mangkurat ini.

Sementara itu pada saat yang bersamaan, Masjid Muhammadiyah Al Muhajirin juga menggelar pembagian beras gratis kepada para mustahik dan dhuafa dari kalangan jamaah dan warga sekitar masjid.

“Pembagian beras gratis ini juga merupakan program rutin bulanan di masjid kami. Tercatat sekitar 100 kepala keluarga menerima bantuan beras dari masjid. Dan untuk program ini kami juga memiliki daftar donatur tetap yang setiap bulan menyisihkan sebagian rezekinya untuk meningkatkan ketahanan pangan bagi masyarakat yang membutuhkan,” tambah Dr. Arif yang menjadi dosen di Politeknik Negeri Banjarmasin.

Exit mobile version