Tapak Suci Berjaya di Pencak Silat O2SN SMP Kabupaten Bantul

Tapak Suci Berjaya di Pencak Silat O2SN SMP Kabupaten Bantul

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Para pesilat Tapak Suci mendominasi prestasi Cabor Pencak Silat even Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Bantul. Turnamen ini berlangsung selama 2 hari tanggal 13 dan 14 Juni 2023 di GOR SSA Bantul.

Even tahunan yang digelar Kemdikbudristek secara berjenjang ini mempertandingkan kelas D (39-42 kg) putra dan putri. Pada tingkat Kabupaten Bantul para pesilat bertanding mewakili sekolahnya. Pesilat yang berhasil meraih juara I kategori putra dan putri akan melanjutkan perjuangannya mewakili Kabupaten Bantul berlaga di tingkat D.I. Yogyakarta.

Berhasil meraih juara I pada kejuaraan O2SN SMP Cabang Pencak Silat Tingkat Kabupaten Bantul tahun 2023 adalah Astari Julia Kasih (putri) dan Muhammad Naufal (putra) dari Kontingen MTs Negeri 4 Bantul. Keduanya  merupakan pesilat Tapak Suci Bantul yang dibina oleh coach Rowin Hari Aprinal.

Hasil kejuaraan selengkapnya pada kategori putri Juara I Astari Julia Kasih (MTS Negeri 4 Bantul), Juara II Melilia Khairunnisa (SMPN Banguntapan), Juara III Elvareta (SMPN 2 Bambanglipuro) dan Khansa Tabita (SMP Unggulan Aisyiyah Bantul). Sementara itu pada kategori putra Juara I Muhammad Naufal (MTs Negeri 4 Bantul), Juara II Ananda Octavian (SMP Unggulan Aisyiyah Bantul), Juara III Lana Roffi (SMPN 1 Bantul) dan Rizal Sholihudin (MTs Negeri 2 Bantul).

Sementara itu Seksi Binpres Pimda 02 Tapak Suci Bantul Diah Nurmei Choirunnisa bersyukur bahwa pada even ini perguruannya mendominasi. Diah menambahkan dari total 8 pesilat yang menorehkan prestasi di O2SN SMP ini, 4 di antaranya adalah pesilat Tapak Suci.

Menurut Diah ada tradisi bahwa setiap tahun pesilat Tapak Suci Bantul mampu lolos memperkuat Kontingen DIY dalam O2SN tingkat nasional. Oleh karena itu Diah akan melakukan persiapan terbaik agar pesilatnya menjadi juara pada O2SN tingkat provinsi DIY.

PDM Bantul mengapresiasi

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bantul Arba Riksawan Qomaru menyambut gembira dan bersyukur atas prestasi para pesilat Tapak Suci dalam O2SN SMP Bantul. Qomaru berpesan agar pembinaan para pesilat Tapak Suci Bantul yang berprestasi di O2SN SMP benar-benar serius sehingga pada saat dewasa nanti mereka mampu mencapai performa puncak prestasi yang optimal.

Qomaru mengapresiasi dan berterima kasih atas kerjasama para pelatih, orang tua, dan pesilat sehingga bisa mempersiapkan O2SN dengan sangat baik. Menurut Qomaru tanpa strategi latihan dan kerjasama yang baik dari semua pihak tentu sangat sulit mempersiapkan atlet secara intensif sementara harus belajar untuk mempersiapkan ujian kenaikan kelas di sekolahnya juga.

Ketua PDM Bantul juga berharap agar para pesilat Tapak Suci Bantul selalu menjadi teladan di tengah masyarakat. “Tunjukkan bahwa Tapak Suci selalu berprestasi di even apapun dalam balutan keluhuran akhlaq”, pesan Qomaru.

Exit mobile version