Crew SM Tower & Convention Dapat Materi Kemuhammadiyahan

Crew SM Tower & Convention Dapat Materi Kemuhammadiyahan

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Menjelang launching SM Tower & Convention, Manajemen PT SCM mengadakan acara Pelatihan dan Pengarahan tentang Islam, Kemuhammadiyahan, dan Product Knowledge bagi karyawan SM Tower & Convention. Acara ini dilangsungkan di aula Grha SM lantai 4, pada Sabtu, 17 Juni 2023.

Direktur Utama PT SCM, Deni Asyari Dato Marajo menjabarkan tentang spirit Persyarikatan Muhammadiyah dan Suara Muhammadiyah. Hal ini guna memberikan kesamaan pandangan segenap karyawan dalam menjalankan lini bisnis di lingkungan Persyarikatan.

Menurut Deni, Muhammadiyah itu berarti pengikut dan pelanjut Nabi Muhammad. Muhammadiyah merupakan jalan berdakwah secara berorganisasi, tidak sendiri-sendiri. “Tuhan memerintahkan kita untuk berkelompok, berbaris seperti bangunan yang kokoh,” ulasnya. Hal ini menjadi perintah dari surat Al-Shaf ayat 4 dan Ali Imran ayat 104.

Dalam rangka dakwah yang terorganisir layaknya satu badan itu ada yang berperan sebagai fondasi, dinding, atap, jendela, dan lainnya. Semua berbagi peran dan harus menjalankan perannya dengan baik. “Muhammadiyah itu sebagai sarana, bukan tujuan. Islam mengajarkan supaya berdakwah dengan sarana.”

Sarana, kata Deni, merupakan hal penting dalam perjalanan risalah para Nabi. Nabi Nuh misalnya, menggunakan sarana kapal. “Kapal adalah media atau sarana.” Nabi Musa ketika dikejar oleh pasukan Fir’aun, menggunakan sarana tongkat untuk membelah laut. Nabi Ibrahim juga menggunakan sarana kapak ketika menghancurkan berhala. Semua Nabi memiliki sarana dalam berdakwah.

Sebab itu, Muhammadiyah sebagai organisasi berasas Islam hadir sebagai sarana untuk mewujudkan tujuan luhur dan kemaslahatan. “Muhammadiyah adalah sarana, media, alat untuk membawa kebaikan untuk orang-orang di sekitar kita,” ulas Deni.

Menurut Deni, Suara Muhammadiyah sebagai salah satu badan usaha milik Muhammadiyah hadir membawa spirit Muhammadiyah untuk memberi manfaat kepada umat dan kemanusiaan. Sebab itu, Suara Muhammadiyah terus melakukan inovasi dan berbagai terobosan. “Prinsip kita, jangan berhenti saat lelah, tapi berhentilah saat selesai.”

SM Tower & Covention adalah salah satu lini bisnis yang dimiliki oleh Suara Muhammadiyah. Lini bisnis lainnya antara lain: Majalah SM, Penerbitan Buku, SM Kreatif, Pusdalitbang SM, Toko SM, Logmart, SM Corner, SM Logistik, SM Tour & Travel.

Deni juga mengingatkan tentang core values yang menjadi pegangan PT Syarikat Cahaya Media, yaitu nilai kejujuran, ketulusan, kerja keras, team work. “Ini menjadi modal kekuatan kita,” tukas Deni Asy’ari.

Pemateri Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Hendra Darmawan menjabarkan tentang bagaimana identitas Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah Islam. Menurutnya, spirit Kiai Dahlan adalah memajukan umat Islam dalam bingkai persatuan dan kasih sayang. Spirit pembaharuan ini diwariskan oleh tokoh Muhammadiyah lainnya seperti Kiai Ahmad Badawi dan Ki Bagus Hadikusuma. Para karyawan di lingkungan Muhammadiyah mewarisi spirit para pendahulu Muhammadiyah. “Kita ini menjadi mata rantai orang-orang sebelum kita,” tutur Hendra. (Ribas)

Exit mobile version