Oleh: Safwannur, S.Pd.I
إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرْهُ وَنَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِي اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ. أَشْهدُ أَنْ لاَ إَلَهَ إِلاّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ. اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى رَسُوْلِ اللَّهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ وَلآَهُ. أَمَّا بَعْدُ فَيَا عِبَادَ اللَّهِ أُصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَ اللَّهِ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ.
قَالَ تَعَالَى فِيْ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ: وَكَمْ اَهْلَكْنَا مِنْ قَرْيَةٍ ۢ بَطِرَتْ مَعِيْشَتَهَا ۚفَتِلْكَ مَسٰكِنُهُمْ لَمْ تُسْكَنْ مِّنْۢ بَعْدِهِمْ اِلَّا قَلِيْلًاۗ وَكُنَّا نَحْنُ الْوٰرِثِيْنَ (القصص: 58) .أَمَّا بَعْدُ:
Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah
Al-Quran dalam banyak tempat menyinggung tentang peradaban umat-umat yang hidup di masa silam. Tujuannya agar manusia mengambil ibrah dari setiap peristiwa yang pernah terjadi. Keingkaran umat terdahulu terhadap para Rasul menyebabkan negeri mereka diporak-porandakan dengan berbagai jenis azab.
Informasi tentang mereka yang ingkar diceritakan secara detail dalam al-Qur’an. Penyebutan itu meliputi nama kaum beserta nabi yang diutus kepada mereka, serta karakteristik dan jenis kemaksiatan sebagai biang kehancuran. Bekas negeri mereka yang luluh lantak tak lagi didiami oleh manusia setelahnya. Allah berfirman:
وَكَمْ اَهْلَكْنَا مِنْ قَرْيَةٍ ۢ بَطِرَتْ مَعِيْشَتَهَا ۚفَتِلْكَ مَسٰكِنُهُمْ لَمْ تُسْكَنْ مِّنْۢ بَعْدِهِمْ اِلَّا قَلِيْلًاۗ وَكُنَّا نَحْنُ الْوٰرِثِيْنَ
“Betapa banyak (penduduk) negeri yang telah Kami binasakan karena kesenangan hidup membuatnya lalai. Maka, itulah tempat tinggal mereka yang tidak didiami (lagi) setelah mereka, kecuali sebagian kecil. Kamilah yang mewarisinya.” (Q.S. al-Qashash: 58)
Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah
Pada kesempatan singkat ini tidak mungkin untuk menyampaikan seluruh kisah kehidupan umat terdahulu yang sudah binasa. Khatib hanya memilih beberapa saja untuk menjadi bahan renungan bagi kita semua.
Kaum nabi Luth yang dikenal dengan kaum Sodom terbiasa melakukan perbuatan keji (fahisyah) yaitu perkawinan dengan sesama jenis yang belum pernah dilakukan oleh satu orang pun sebelum mereka. Seruan nabi Luth agar mereka meninggalkan perbuatan terlaknat itu tak membuahkan hasil yang menggembirakan. Bahkan istri nabi Luth sendiri berkhianat terhadap beliau dengan mendukung perbuatan nista itu yang menyebabkan dirinya ikut terkena azab. Allah berfirman:
فَلَمَّا جَاءَ أَمْرُنَا جَعَلْنَا عَالِيَهَا سَافِلَهَا وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهَا حِجَارَةً مِنْ سِجِّيلٍ مَنْضُودٍ.
“Maka tatkala datang azab Kami, Kami jadikan negeri kaum Lut itu yang di atas ke bawah (Kami balikkan), dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah-tanah yang terbakar.” (Q.S. Hud: 82)
Kaum Madyan merupakan umat nabi Syu’aib yang terkenal dengan ashabul aikah (penyembah pohon). Mereka memiliki harta melimpah dari hasil bisnis yang ditekuni. Namun, praktik kecurangan menjadi bagian dari taktik mereka untuk mendapatkan keuntungan berlipat dengan cara mengurangi takaran atau timbangan. Nabi Syu’aib berkali-kali memperingati mereka agar menyembah Allah dan menghentikan ketidakjujuran dalam perniagaan. Akan tetapi mereka sama sekali tidak mengindahkannya, malah mengancam dan menantang nabi Syu’aib agar mendatangkan azab ke atas mereka. Tantangan itu dijawab oleh Allah dengan menghancurkan negeri mereka, sebagaimana firman-Nya:
فَاَخَذَتْهُمُ الرَّجْفَةُ فَاَصْبَحُوْا فِيْ دَارِهِمْ جٰثِمِيْنَۙ
“Lalu datanglah gempa menimpa mereka, dan mereka pun mati bergelimpangan di dalam reruntuhan rumah mereka.” (Q.S. al-A’raf: 91)
Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah
Negeri Saba’ mendapat anugerah kesuburan tanah yang membuahkan hasil melimpah dari kebun yang dimiliki oleh penduduknya. Al-Qur’an menganggambarkan negeri itu dengan baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur (negeri yang baik dan (Rabbmu) adalah Rabb yang maha pengampun). Tetapi mereka berpaling, menyembah matahari dan tidak bersyukur atas limpahan karunia yang telah mereka nikmati. Berkenaan tentang azab yang menimpa mereka, Allah berfirman:
فَأَعْرَضُوا فَأَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ سَيْلَ الْعَرِمِ وَبَدَّلْنَاهُمْ بِجَنَّتَيْهِمْ جَنَّتَيْنِ ذَوَاتَيْ أُكُلٍ خَمْطٍ وَأَثْلٍ وَشَيْءٍ مِنْ سِدْرٍ قَلِيلٍ
“Maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar. Dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon atsl dan sedikit dari pohon sidr.” (Q.S. Saba: 16).
Kaum ‘Ad adalah kaum nabi Hud yang hidup dalam kemakmuran dari hasil pertanian dan peternakan. Mereka memiliki kehebatan dalam bidang arsitektur dengan membangun gedung-gedung tinggi yang belum pernah ada pada kaum sebelumnya. Tapi mereka sombong dan membangkang terhadap seruan tauhid nabi Hud. Mereka diazab dengan angin kencang yang mematikan.
وَاَمَّا عَادٌ فَاُهْلِكُوْا بِرِيْحٍ صَرْصَرٍ عَاتِيَةٍۙ. سَخَّرَهَا عَلَيْهِمْ سَبْعَ لَيَالٍ وَّثَمٰنِيَةَ اَيَّامٍۙ حُسُوْمًا فَتَرَى الْقَوْمَ فِيْهَا صَرْعٰىۙ كَاَنَّهُمْ اَعْجَازُ نَخْلٍ خَاوِيَةٍۚ
“Sedangkan kaum ‘Ad, mereka telah dibinasakan dengan angin topan yang sangat dingin. Allah menimpakan angin itu kepada mereka selama tujuh malam delapan hari terus-menerus; maka kamu melihat kaum ‘Ad pada waktu itu mati bergelimpangan seperti batang-batang pohon kurma yang telah kosong (lapuk).” (Q.S. al-Haqqah: 6-7)
Kaum Tsamud terkenal dengan kehebatan mereka memahat batu-batu di lembah untuk dibuat bangunan megah sebagai tempat tinggal. Mereka mendiami wilayah pegunungan yang subur. Teknologi pengairan mereka juga canggih dengan membuat jalur aliran air melalui celah bebatuan. Allah mengutus nabi Saleh untuk berdakwah kepada mereka dengan mukjizat seekor unta yang keluar dari batu. Tetapi unta tersebut dibunuh hingga kaum zalim itu dibinasakan. Allah berfirman:
وَاَخَذَ الَّذِيْنَ ظَلَمُوا الصَّيْحَةُ فَاَصْبَحُوْا فِيْ دِيَارِهِمْ جٰثِمِيْنَۙ. كَاَنْ لَّمْ يَغْنَوْا فِيْهَا ۗ اَلَآ اِنَّ ثَمُوْدَا۠ كَفَرُوْا رَبَّهُمْ ۗ اَلَا بُعْدًا لِّثَمُوْدَ
“Kemudian suara yang mengguntur menimpa orang-orang zalim itu, sehingga mereka mati bergelimpangan di rumahnya. Seolah-olah mereka belum pernah tinggal di tempat itu. Ingatlah, kaum samud mengingkari Tuhan mereka. Ingatlah, binasalah kaum samud.” (Q.S. Hud: 67-68)
Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah
Umat Nabi Muhammad tidak akan mengalami azab global yang memusnahkan seluruh negeri sebagaimana umat terdahulu. Walaupun demikian, kita harus berkaca kepada kebinasaan umat di masa lampau agar jangan meniru tabiat buruk mereka. Kehebatan kaum terdahulu dalam membuat bangunan yang kokoh sebagai tempat berlindung, ternyata sama sekali tidak mampu menahan azab.
بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ, وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ, وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ.
KHUTBAH KEDUA
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَمَنْ تَبِعَ هُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ. مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ أَرْشَدَكُمُ اللهُ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ، أَمَّا بَعْدُ؛
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ, رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَاْرحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانَا صِغَارًا. رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُونَا بِالإِيْمَانِ وَلاَ تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلاًّ لِلَّذِيْنَ ءَامَنُوْا رَبَّنَآ إِنَّكَ رَءُوفُ رَّحِيْمٌ، رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.
Safwannur, S.Pd.I, Alumni Ponpes Ihyaaussunnah Lhokseumawe, Aceh dan Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) Yogyakarta. Kini mengajar di Ma’had Darul Arqam Muhammadiyah Daerah Garut, Jawa Barat.