Prodi S1 Kesmas FKM UNIMUS Terima Kunjungan Benchmarking UWGM Samarinda

Prodi S1 Kesmas FKM UNIMUS Terima Kunjungan Benchmarking UWGM Samarinda

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Program Studi (Prodi) S1 Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) menerima kunjungan benchmarking dari prodi Kesmas FKM Universitas Widya Gama Mahakam (UWGM) Samarinda pada Rabu (21/6). Kunjungan benchmarking ini merupakan salah satu implementasi kerjasama yang telah dirintis sejak tahun 2022, dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran dan peningkatan akreditasi program studi.

Dipimpin langsung oleh Dekan Dr. Sayono, S.KM., M.Kes., Dr. Ir. Rahayu Astuti, M.Kes. selaku ketua prodi S1 Kesmas FKM UNIMUS, beserta jajaran dosen, tenaga kependidikan, dan laboran FKM UNIMUS menyambut delegasi dari UWGM Samarinda yang dipimpin oleh Wakil Dekan FKM, Apriyani, S.KM., M.Ph., Nordianiwati, S.KM., M.Kes. selaku Ketua Prodi Kesmas, Kartina Wulandari, S.KM., M.Si. selaku Gugus Kendali Mutu FKM, dan Ade Al’ Fani, S.KM., selaku staff laboran Promosi Kesehatan FKM UWGM.

Acara dibuka dengan sambutan dari Dekan FKM UNIMUS, Dr. Sayono, S.KM., M.Kes., yang menyambut dengan gembira kehadiran tamu dari prodi S1 Kesmas FKM UWGM Samarinda. “Selamat datang di FKM UNIMUS, kami terbuka untuk saling sharing jika nanti ada hal-hal yang ingin diidskusikan baik terkait kurikulum, pengembangan sumber daya manusia, dan laboratorium untuk kemajuan Prodi Kesmas,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Dekan FKM, Apriyani, S.KM., M.Ph., menyampaikan banyak terimakasih selalu disambut dengan baik oleh pimpinan dan segenap civitas akademika FKM UNIMUS dalam setiap kunjungannya. “Kunjungan ini adalah kedatangan kami yang kedua di FKM UNIMUS. Kami sampaikan banyak terimakasih karena pada kunjungan yang pertama tahun 2022 lalu, berkat diskusi dan masukan yang diberikan, akhirnya prodi kami yang baru saja divisitasi pada bulan Januari lalu berbahasil mendapat peringkat akreditasi Baik Sekali,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Apriyani, S.KM., M.Ph., berharap ke depan semakin banyak kolaborasi kegiatan dalam rangka implementasi kerjasama yang telah dijalin dengan baik antara FKM UNIMUS dengan FKM UWGM Samarinda.

Selama kunjungan, delegasi FKM UWGM Samarinda dan FKM UNIMUS terlibat dalam serangkaian diskusi terkait berbagai aspek penting dalam pengelolaan dan pengembangan program studi kesehatan masyarakat. Mereka berbagi informasi tentang kurikulum, metode pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan di kedua universitas.

Kunjungan benchmarking ini juga mencakup tur ke fasilitas dan laboratorium yang ada di FKM UNIMUS. Delegasi dari FKM UWGM Samarinda memiliki kesempatan untuk melihat langsung bagaimana FKM UNIMUS mengintegrasikan teori dan praktik dalam pembelajaran serta melakukan penelitian yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Kegiatan benchmarking ini diharapkan dapat menjadi langkah baik untuk kerjasama yang lebih erat antara FKM UNIMUS dan FKM UWGM Samarinda dalam rangka pengembangan tri dharma perguruan tinggi di bidang kesehatan masyarakat. (Agung/Meylida-FKM UNIMUS)

Exit mobile version