Menyelami Hakikat Dua Kalimat Syahadat

Menyelami Hakikat Dua Kalimat Syahadat

Oleh: Wahyudi

Syahadat  adalah  dasar  utama  bagi  seluruh  rangkaian  ajaran  Islam.  Keislaman  seseorang  harus  dimulai  dengan  dua  kalimat  syahadat  sebelum  melakukan  ketentuan-ketentuan  ajaran  Islam  yang  lainnya.  Seseorang  yang  tidak  mengakui  bahwa  tidak  Tuhan  yang  berhak  disembah  selain  Allah  dan  Nabi  Muhammad  adalah  utusan  Allah,  maka  orang  tersebut  tidak  dapat  dianggap  sebagai  seorang  muslim.

Brangsiapa  yang  bersaksi  bahwa  tidak  ada  Tuhan  yang  berhak  disembah  kecuali  Allah,  tiada  sekutu  bagi-Nya,  bahwa  Nabi  Muhammad  adalah  hamba  dan  utusan-Nya,  Nabi  Isa  adalah  hamba  Allah,  utusan-Nya,  kalimah-Nya  yang  diletakkan  dalam  diri  Maryam,  dan  Ruh  dari-Nya.  Juga  bersaksi  bahwa  surge  dan  neraka  adalah  hak,  maka  ia  akan  dimasukkan  ke  dalam  surga  oleh  Allah  sesuai  dengan  amal  perbuatannya.  (HR.  Bukhari-Muslim)

Syahadat  adalah  persaksian.  Yaitu  persaksian  bahwa  Allah  SwT  adalah  Esa  dan  tidak  ada  sekutu  bagi-Nya,  dan  persaksian  atas  kerasulan  Muhammad  SaW.  Menurut  Sa’id  Hawwa  persaksian  atas  ke-Esaan  Allah  SwT  harus  mencakup  tiga  makna.  Pertama,  persaksian  dengan  akal  dan  hati  nurani  bahwa  tidak  ada  tuhan  yang  berhak  diibadahi  melainkan  Allah  SwT.  Kedua,  Persaksian  tersebut  diucapkan  dengan  lisan.  Ketiga,  Persaksian  tersebut  harus  tegas,  tanpa  ada  keraguan,  sebagaimana  ketegasan  seseorang  saat  bersumpah.

Dari  ketiga  makna  di  atas  Sa’id  Hawwa  mengatakan  bahwa  barangsiapa  tidak  memberi  kesaksian  dengan  lisannya,  bahwa  tidak  ada  Tuhan  yang  berhak  diibadahi  melainkan  Allah,  karena  keingkaran  dan  kesombongan,  maka  ia  dianggap  kafir.  Barangsiapa  tidak  memberi  kesaksian  dengan  hati  dan  akalnya,  bahwa  tidak  ada  Tuhan  yang  berhak  diibadahi  melainkan  Allah,  atau  masih  ragu-ragu  tentangnya,  maka  ia  dianggap  munafik,  jika  memberi  kesaksian  dengan  lisannya.  Dan,  dianggap  kafir,  jika  tidak  memberikan  kesaksian  dengan  lisannya.  (Al-Islam  1/45).

Inti  dari  syahadat  Laa  ilaha  illallah  adalah  penghambaan  diri  kepada  Allah  SwT.  Seorang  muslim  tidak  boleh  beribadah  melainkan  hanya  kepada  Allah  SwT.  Kalimat  la  ilaha  illallah  memiliki  dua  rukun:  yaitu  al-itsbat  (penetapan)  dan  an-nafyu  (peniadaan).  Kata  la  ilaha  berarti  peniadaan  atau  penolakan  terhadap  segala  ilah  (yang  disembah)  selain  Allah  SwT.  Dan  kata  illallah  berarti  penetapan  bahwa  segala  bentuk  ibadah  itu  hanya  untuk  Allah  SwT  semata.    Semua  yang  disembah  selain  Allah  SwT  adalah  batil.  Manusia  hanya  wajib  beribadah  kepada  Allah  SwT,  tidak  kepada  selain-Nya.

Demikianlah  (kebesaran  Allah)  karena  Allah,  Dialah  (Tuhan)  Yang  Hak.  Dan  apa  saja  yang  mereka  seru  selain  Dia,  itulah  yang  batil,  dan  sungguh  Allah,  Dialah  Yang  Mahatinggi,  Mahabesar.  (Al-hajj  [22]:  62)

Kata  Ilah  dalam  kalimat  syahadat  berarti  ma’bud  (yang  disembah),  sesuatu  yang  dianggap  berkuasa  dan  agung  mempunyai  nilai  yang  patut  disembah  dan  ditaati  sepenuh  hati.  Penyembahan  kepada  Allah  SwT  ini  merupakan  tujuan  hakiki  dari  diciptakannya  manusia  di  muka  bumi.

Dan  Aku  tidak  menciptakan  jin  dan  manusia  melainkan  supaya  beribadah  kepada-Ku.  (Adz  Dzariyat  [51]:  56)

Mengomentari  ayat  di  atas,  Sayyid  Quthub  menyatakan  bahwa  ibadah  adalah  tujuan  dari  eksistensi  manusia,  yang  sekaligus  menjadi  tugas  utamanya,  di  mana  pengertian  ibadah  ini  lebih  luas  dan  lebih  universal  daripada  sekedar  pelaksanaan  tata  cara  ritual.  Peran  manusia  sebagai  khalifah  pun tercakup  di  dalamnya.

Ibadah,  menurut  Sayyid  Quthub,  memiliki  dua  pengertian.  Pertama,  menetapkan  makna  penghambaan  kepada  Allah  SwT  dalam  diri  manusia,  yaitu  menanamkan  kesadaran  bahwasannya  ada  hamba  dan  Tuhan,  hamba  yang  menyembah  dan  Tuhan  yang  disembah  dan  tidak  ada  pihak  selainnya.  Dalam  hal  ini  tidak  ada  selain  yang  disembah  dan  yang  menyembah,  satu  Tuhan  dan  yang  lainnya  adalah  hamba.  Kedua,  menghadapkan  aktifitas  hati,  anggota  badan  dan  seluruh  kehidupannya  kepada  Allah  SwT  semata,  dan  melepaskannya  dari  selain-Nya  dari   setiap  makna  penghambaan  kepada  selain  Allah.

Kalimat  syahadat  laa  ilaha  illallah  merupakan  persaksian  seorang  muslim,  bahwa  tujuan  hidupnya  adalah  semata-mata  untuk  beribadah  kepada  Allah  SwT  saja.  Dengan  demikian,  ia  akan  mengarahkan  seluruh  aktifitas  hidupnya,  mengubah  jalan  hidupnya,  dan  memperbaiki  cita-cita  hidupnya  sehingga  selaras  dengan  tujuan  hidupnya,  yaitu  hanya  beribadah  kepada  Allah  SwT.  Sehingga  tidak  disebut  seorang  muslim,  orang  yang  tidak  berkeyakinan  atas  keesaan  Allah  SwT  dan  mendedikasikan  seluruh  ibadah-ibadahnya  untuk  selain  Allah  SwT.

Katakanlah:  “Sesungguhnya  sembayangku,  ibadahku,  hidupku  dan  matiku  hanyalah  untuk  Allah,  Tuhan  semesta  alam.  Tiada  sekutu  bagi-Nya;  dan  demikian  itulah  yang  diperintahkan  kepadaku  dan  aku  adalah  orang  yang  pertama-tama  menyerahkan  diri  (kepada  Allah)”  (Al-An’am  [16]:  162-163)

Sedangkan  kalimat  kedua  dari  syahadat  adalah  asyhadu  anna  Muhammadar  rasulullah,  yaitu  sebuah  persaksian  yang  menegaskan  bahwa  Muhammad  adalah  rasul  Allah  yang  menyampaikan  wahyu  Allah  SwT,  yang  akan  menjelaskan  bagaimana  manusia  beribadah  kepada  Allah  dalam  hidup  dan  seluruh  kehidupannya.  Sehingga  ia  menjadi  teladan  bagi  orang-orang  yang  beriman,  yang  mengharapkan  ridha  Allah  dalam  hidupnya.

Sesungguhnya  telah  ada  pada  (diri)  Rasulullah  itu  suri  teladan  yang  baik  bagimu,  (yaitu)  bagi  orang  yang  mengharap  (rahmat)  Allah  dan  (kedatangan)  Hari  Akhir  dan  dia  banyak  menyebut  nama  Allah.  (Al-Ahzab  [33]:  21)

Sebagai  utusan  Allah  yang  menjadi  teladan  bagi  orang-orang  beriman,  Nabi  Muhammad  SaW  bukanlah  satu-satunya  Nabi  dan  Rasul  yang  pernah  diutus.  Sebelum  nabi  Muhammad  SaW,  telah  ada  utusan-utusan  Allah  SwT  yang  lain,  yang  datang  silih  berganti  dalam  berbagai  kurun  zaman  (Ali-Imran  [3]:  144).  Mereka  adalah  para  penyeru  kepada  keesaan  Allah  SwT,  dan  mereka  datang  kepada  setiap  umat  tanpa  terkecuali  (Fathir  [35]:  24),  sehingga  satu  per  satunya  tidaklah  diketahui  dengan  pasti.  Sebagian  ada  yang  dikisahkan  dalam  Al-Qur’an,  dan  sebagian  tidak  (An-Nisa’  [4]:  164)  (Al-Mukmin  [40]:  78).  Maka,  kedatangan  nabi  Muhammad  SaW  adalah  betugas  melengkapi  rentetan  penyeru  keesaan  Allah  SwT  tersebut,  sehingga  ajaran  Nabi  Muhammad  SaW  berfungsi  sebagai  pendukung  dan  pelengkap  bagi  ajaran-ajaran  keimanan  yang  telah  ada  sebelumnya.

Dan  Kami  telah  menurunkan  Kitab  (Al-Qur’an)  kepadamu  (Muhammad)  dengan  membawa  kebenaran,  yang  membenarkan  kitab-kitab  yang  diturunkan  sebelumnya  dan  menjaganya,  maka  putuskanlah  perkara  mereka  menurut  apa  yang  diturunkan  Allah  dan  janganlah  engkau  mengikuti  keinginan  mereka  dengan  meninggalkan  kebenaran  yang  telah  datang  kepadamu.  Untuk  setiap  umat  di  antara  kamu,  Kami  berikan  aturan  dan  jalan  yang  terang.  Kalau  Allah  menghendaki,  niscaya  kamu  dijadikan-Nya  satu  umat  (saja),  tetapi  Allah  hendak  menguji  kamu  terhadap  karunia  yang  telah  diberikan-Nya  kepadamu,  maka  berlomba-lombalah  berbuat  kebajikan.  Hanya  kepada  Allah  kamu  semua  kembali,  lalu  diberitahukan-Nya  kepadamu  terhadap  apa  yang  dahulu  kamu  perselisihkan,  (Al-Maidah  [5]:  48)

Menjadikan  Allah  SwT  sebagai  satu-satunya  tujuan  hidup  tidak  bisa  dilepaskan  dari  meneladani  Nabi  Muhammad  SaW.  Tanpa  adanya  bimbingan  dan  tuntunan  dari  Nabi  Muhammad  SaW,  ibadah  sebagai  tugas  utama  hidup  manusia  mustahil  dapat  dilakukan  dengan  benar.  Karena  itu  kalimat  wa  asyhadu  anna  muhammadarrasulullah  ini  sekaligus  persaksian  seorang  muslim  untuk  menjadikan  Nabi  Muhammad  sebagai  teladan  hidupnya.

Katakanlah,  “Jika  kamu  (benar-benar)  mencintai  Allah,  ikutilah  aku,  niscaya  Allah  mengasihi  dan  mengampuni  dosa-dosamu.”  Allah  Maha  Pengampun  lagi  Maha  Penyayang.  Katakanlah,  “Taatilah  Allah  dan  Rasul-Nya;  jika  kamu  berpaling,  maka  sesungguhnya  Allah  tidak  menyukai  orang-orang  kafir.”  (Ali-Imran  [3]:  31-32)

Ketika  menafsirkan  ayat  di  atas  Ibnu  Katsir  menjelaskan  bahwa  orang  yang  mengaku  cinta  kepada  Allah  tetapi  tidak  berada  di  jalan  Muhammad  (Islam)  adalah  dusta,  sehingga  dia  mengikuti  syariat  dan  agama  Nabi  dalam  seluruh  ucapan  dan  perbuatannya,  sebagaimana  hadits  Rasul:  Barangsiapa  melakukan  suatu  amalan  yang  tidak  kami  perintahkan,  maka  itu  tertolak.  (Tafsir  Ibnu  Katsir,  1/25)

Ibnu  Rajab  Al-Hambali  mengatakan,  “Sebagaimana  halnya  bahwa  setiap  amal  yang  tidak  diniatkan  karena  wajah  Allah  SwT  maka  pelakunya  tidak  mendapatkan  pahala,  maka  demikian  pula  setiap  amalan  yang  bukan  perintah  Allah  dan  Rasul-Nya  adalah  tertolak  atas  pelakunya,  dan  setiap  orang  yang  mengada-ada  dalam  urusan  agama  yang  tidak  diperkenankan  Allah  dan  Rasul-Nya  maka  itu  bukan  termasuk  agama  sedikitpun.”

Meneladani  Nabi  Muhammad  SaW  dalam  seluruh  aspek  kehidupan  merupakan  pilar  utama  cinta  kepada  Allah  SwT.  Cinta  kepada  Allah  SwT  bukanlah  hanya  ucapan  dengan  lisan,  atau  siratan  di  dalam  hati  semata,  tetapi  harus  ditindaklanjuti  dengan  mengikuti  dan  meneladani  Rasul  SaW.  Mengikuti  petunjuknya  dan  mengaplikasikannya  dalam  kehidupan  pribadi  dan  sosial.  Apabila  seseorang  telah  mengikrarkan  tujuan  hidupnya  untuk  Allah  semata,  maka  dia  tidak  bisa  tidak  harus  menjadikan  Nabi  Muhammad  SaW  sebagai  teladan  hidupnya.  Dalam  konteks  kehidupan  saat  ini,  dimana  beliau  telah  tiada,  maka  seorang  muslim  tidaklah  cukup  menjadikan  Al-qur’an  semata  sebagai  pedoman  hidupnya,  tetapi  juga  harus  menerima  sunnah  Nabi  SaW.

Apa  yang  diberikan  Rasul  kepadamu  maka  terimalah  dia.  Dan  apa  yang  dilarangnya  bagimu  maka  tinggalkanlah;  dan  bertakwalah  kepada  Allah.  Sesungguhnya  Allah  sangat  keras  hukuman-Nya.  (Al-Hasyr  [59]:  7)

Aku  tinggalkan  pada  kalian  semua  dua  perkara,  yang  kamu  tidak  akan  tersesat  selamanya  bila  kalian  berpegang  teguh  dengan  keduanya,  yaitu  Kitab  Allah  dan  Sunnahku.  (HR.  Hakim)

Ibarat  sebuah  jalan,  maka  jalan  yang  ditempuh  oleh  Rasulullah  SaW  dalam  kehidupan  beliau  adalah  jalan  lurus  yang  diridhai  Allah  SwT.  Melalui  beliau  Allah  SwT  menunjukkan  kepada  umat  manusia  jalan  yang  lurus  lengkap  dengan  segala  rambu-rambunya.  Siapa  yang  mematuhinya  akan  selamat  di  dunia  dan  akhirat.  Siapa  yang  tidak  mengikutinya  akan  tersesat  di  dunia  dan  akhirat.

Dan  bahwa  (yang  Kami  perintahkan)  ini  adalah  jalan-Ku  yang  lurus,  maka  ikutilah  dia;  dan  janganlah  kamu  mengikuti  jalan-jalan  (yang  lain),  karena  jalan-jalan  itu  menceraiberaikan  kamu  dari  jalan-Nya.  Yang  demikian  itu  diperintahkan  Allah  kepadamu  agar  kamu  bertakwa.  (Al-An’am  [6]:  153)

Demikianlah  kedua  hakikat  dari  kalimat  syahadat  yang  akan  mendorong  seorang  muslim  untuk  menyelaraskan  hidupnya  dengan  Al-Qur’an  dan  Sunnah  Nabi  SaW.  Seorang  muslim  yang  benar  persaksiannya,  senantiasa  akan  mengoreksi  dan  memperbaiki  diri  dan  kehidupannya  agar  selaras  dengan  tuntunan  Al-Qur’an  dan  Sunnah,  serta  meninggalkan  hal-hal  yang  bertentangan  dengan  keduanya.  Wallahu  A’lam.

Wahyudi, PRM Timuran Yogyakarta. Tinggal di Timuran, Brontokusuman, Mergangsan Yogyakarta

Exit mobile version