Merajut Ukhuwah Islamiyah

Merajut Ukhuwah Islamiyah

Oleh: Suko Wahyudi

Setiap  mukmin  dalam  mengemban  tugas  hidupnya  tidak  bisa  lepas  dari  dua  kewajiban,  yakni  kewajiban  memelihara  hubungan  kepada  Allah  SwT  dan  memelihara  hubungan  yang  baik  dengan  sesama  manusia.  Allah SwT telah menjelaskan  bahwa  sesungguhnya  orang-orang  yang  memutuskan  hubungan  kepada  Allah  maupun  kepada  sesama  manusia  hidupnya  akan  diliputi  kehinaan  dimana  pun  mereka  berada.

ضُرِبَتۡ عَلَيۡهِمُ الذِّلَّةُ اَيۡنَ مَا ثُقِفُوۡۤا اِلَّا بِحَبۡلٍ مِّنَ اللّٰهِ وَحَبۡلٍ مِّنَ النَّاسِ وَبَآءُوۡ بِغَضَبٍ مِّنَ اللّٰهِ وَضُرِبَتۡ عَلَيۡهِمُ الۡمَسۡكَنَةُ  ؕ ذٰ لِكَ بِاَنَّهُمۡ كَانُوۡا يَكۡفُرُوۡنَ بِاٰيٰتِ اللّٰهِ وَيَقۡتُلُوۡنَ الۡاَنۡۢبِيَآءَ بِغَيۡرِ حَقٍّ‌ؕ ذٰ لِكَ بِمَا عَصَوۡا وَّكَانُوۡا يَعۡتَدُوۡنَ

Mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka (berpegang) pada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia.  Mereka mendapat murka dari Allah dan (selalu) diliputi kesengsaraan. Yang demikian itu karena mereka mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi, tanpa hak (alasan yang benar). Yang demikian itu karena mereka durhaka dan melampaui batas.  (Ali Imran [3]:  112)

Berkaitan dengan hubungan dengan sesama manusia Rasulullah SaW telah memberikan  tuntunan sebagaimana dalam sabdanya,

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ، وَتَرَاحُمِهِمْ، وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى

“Perumpamaan orang-orang yang beriman dalam hal saling mengasihi, mencintai, dan menyayangi bagaikan satu tubuh.  Apabila ada salah satu anggota tubuh yang sakit, maka  seluruh  tubuhnya  akan  ikut  terjaga  dan  panas  (turut  merasakan  sakitnya).”  (HR. Bukhari dan Muslim)

Sudah  menjadi  sunnatullah  bahwa  manusia  memiliki  kelebihan  dan  juga  kekurangan.  Untuk  melengkapi  dan  saling  menyempurnakan  kekurangan  tersebut  maka  menjalin  ukhuwah  Islamiyah  adalah  perkara  yang  sangat  penting  yang  harus  dilakukan  dalam  kehidupan  umat.

Ukhuwah Islamiyah adalah sebuah istilah yang menunjukkan persaudaraan antara sesama muslim di  seluruh  dunia  tanpa  melihat  perbedaan  warna  kulit,  bahasa,  suku,  bangsa,  dan  kewarganegaraan.  Yang menjadi  pengikat  persaudaraan  itu  adalah  kesamaan  keyakinan  atau  keimanan  kepada  Allah  SwT  dan  Rasul-Nya.  Mereka sama-sama bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah  SwT  dan  Nabi  Muhammad  adalah  nabi  dan  utusan-Nya.  Ikatan keimanan ini  jauh  lebih  kokoh  dan  abadi  dibandingkan  dengan  ikatan-ikatan  primordial  lainnya,  bahkan  jauh  lebih  kuat  dibandingkan  dengan  ikatan  darah  sekalipun.

لَا تَجِدُ قَوْمًا يُّؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ يُوَاۤدُّوْنَ مَنْ حَاۤدَّ اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ وَلَوْ كَانُوْٓا اٰبَاۤءَهُمْ اَوْ اَبْنَاۤءَهُمْ اَوْ اِخْوَانَهُمْ اَوْ عَشِيْرَتَهُمْۗاُولٰۤىِٕكَ كَتَبَ فِيْ قُلُوْبِهِمُ الْاِيْمَانَ وَاَيَّدَهُمْ بِرُوْحٍ مِّنْهُ ۗوَيُدْخِلُهُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَاۗرَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُمْ وَرَضُوْا عَنْهُۗ اُولٰۤىِٕكَ حِزْبُ اللّٰهِ ۗ اَلَآ اِنَّ حِزْبَ اللّٰهِ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ  (٢٢)

Engkau  (Muhammad)  tidak  akan  mendapatkan  suatu  kaum  yang  beriman  kepada  Allah  dan  hari  akhirat  saling  berkasih  sayang  dengan  orang-orang  yang  menentang  Allah  dan  Rasul-Nya,  sekalipun  orang-orang  itu  bapaknya,  anaknya,  saudaranya  atau  keluarganya.  Mereka  itulah  orang-orang  yang  dalam  hatinya  telah  ditanamkan  Allah  keimanan  dan  Allah  telah  menguatkan  mereka  dengan  pertolongan  yang  datang  dari  Dia.  Lalu  dimasukkan-Nya  mereka  ke  dalam  surga  yang  mengalir  di  bawahnya  sungai-sungai,  mereka  kekal  di  dalamnya.  Allah  rida  terhadap  mereka  dan  mereka  pun  merasa  puas  terhadap  (limpahan  rahmat)-Nya.  Merekalah  golongan  Allah.  Ingatlah,  sesungguhnya  golongan  Allah  itulah  yang  beruntung.  (Al-Mujadilah  [58]:  22)

Ukhuwah  Islamiyah  bukanlah  sekedar  persekutuan  di  antara  sesama  umat  manusia,  tetapi  di  sisi  lain  ukhuwah  Islamiyah  adalah  cerminan  dari  ekspresi  ketuhanan  secara  transendental.  Istilah  ukhuwah,  dengan  beberapa  bentuk  kata  jadiannya  seperti  ikhwah,  ukhuwah  dan  lain  sebagainya,  digunakan  Al-Qur’an  sebagai  isyarat  ajaran  yang  bersifat  horizontal  untuk  melengkapi  sisi  ajaran  lainnya  yang  bersifat  vertikal.

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ  (١٠)

Sesungguhnya  orang-orang  mukmin  itu  bersaudara,  karena  itu  damaikanlah  antara  kedua  saudaramu  (yang  berselisih)  dan  bertakwalah  kepada  Allah  agar  kamu  mendapat  rahmat.  (Al-Hujurat  [49]:  10)

Di  dalam  ayat  tersebut  dengan  sangat  ramah  Al-Qur’an  menggandengkan  kata  mukmin  dan  ikhwah.  Yang  pertama  tentu  saja  berkaitan  dengan  tauhidullah,  sementara  yang  kedua  berkaitan  dengan  sikap  Tauhidul  ummah.  Sebuah  perpaduan  dua  sikap  yang  pada  gilirannya  membentuk  individu  yang  utuh  sebagai  bahan  dasar  terbentuknya  bangunan  sosial  Islam.

Imam  Ibnu  Katsir  dalam  kitab  tafsirnya  menjelaskan  ayat  di  atas,  “Semua  orang  beriman  itu  bersaudara  dalam  agama”.  Hal  senada  juga  dijelaskan  oleh  Imam  al-Baghawi  dalam  kitab  tafsirnya  “Ma’alim At-Tanzil”  dan  Imam  al-Khazin  dalam  kitab  tafsirnya  “Lubab  at- Ta’wil  fi  Ma’ani  at-Tanzil”  bahwa  maknanya  adalah  bersaudara  dalam  agama  dan  al-wilayah  (perwalian)  atau  al-walayah  (pertolongan).  Imam  as-Samarqandi  dalam  tafsirnya  “Bahrul ‘Ulum”  menjelaskan  ayat  di  atas,  “Kaum  muslimin  seperti  saudara  dalam  kerjasama  dan  tolong  menolong  sebab  mereka  di  atas  agama  yang  satu”.

Syaikh  Abdurrahman  As-Sa’di  dalam  tafsirnya  “Taysir  al-Karim  ar-Rahman  fii  Tafsiir  Kalaami  al-Mannan”  menjelaskan  ayat  di  atas,  “Inilah  ikatan  yang  Allah  ikatkan  di  antara  kaum  mukmin  bahwa  jika  ada  pada  seseorang  di  manapun,  di  timur  dan  barat  bumi,  serta  ada  pada  dirinya  iman  kepada  Allah,  para  malaikat-Nya,  kitab-kitab-Nya,  para  Rasul-Nya  dan  Hari  Akhir,  maka  sesungguhnya  ia  adalah  saudara  untuk  kaum  mukmin.  Persaudaran  ini  mewajibkan  kaum  mukmin  mencintai  untuk  saudaranya  apa  saja  yang  mereka  untuk  diri  mereka  sendiri  dan  membenci  untuk  dia  apa  saja  yang  mereka  benci  untuk  diri  sendiri.”

Dengan  demikian,  tauhidullah  dan  ukhuwah  merupakan  dua  ajaran  penting  dalam  Islam  yang  menjadikan  dasar  dan  semangat  yang  melekat  pada  wujud  umat  dalam  melakukan  berbagai  aktivitas  hidupnya.  Karena  perpaduan  kedua  ajaran  inilah,  dalam  ajaran  Islam,  perilaku  apapun  yang  didasarkan  pada  motivasi  pengabdian  kepada  Allah  SwT  dapat  dikategorikan  sebagai  ibadah.  Ibadah  sendiri  pada  dasarnya  mencakup  seluruh  aktivitas  manusia,  baik  langsung  berkaitan  dengan  transendensi  ketuhanan  maupun  yang  dilakukan  dalam  konteks  kehidupan  sosial.

Dalam  sejarah  Islam,  sejak  masa  rintisan  pertama  di  Madinah,  Nabi  Muhammad  SaW  berhasil  membentuk  tatanan  masyarakat  yang  mencerminkan  semangat  ukhuwah.  Seperti  yang  tercatat  di  dalam  lembaran-lembaran  sejarah,  bahwa  sebelum  datangnya  Islam  bangsa  Arab  dikenal  sebagai  bangsa  yang  terpecah  ke  dalam  suku-suku,  yang  satu  sama  lain  tidak  hanya  saling  bersaing  dan  bermusuhan,  bahkan  tidak  jarang  terjadi  peperangan.  Sebelum  kedatangan  Nabi  SaW  ke  Madinah,  tidak  ada  yang  dapat  mempersatukan  antara  suku  Aus  dan  Khajraj.  Secara  turun  temurun  kedua  suku  iru  selalu  terlibat  permusuhan  dan  peperangan.  Tidak  ada  yang  dapat  mempersatukan  mereka  kecuali  Islam.

وَاَلَّفَ بَيْنَ قُلُوْبِهِمْۗ لَوْاَنْفَقْتَ مَا فِى الْاَرْضِ جَمِيْعًا مَّآ اَلَّفْتَ بَيْنَ قُلُوْبِهِمْ وَلٰكِنَّ اللّٰهَ اَلَّفَ بَيْنَهُمْۗ اِنَّهٗ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ (٦٣)

dan  Dia  (Allah)  yang  mempersatukan  hati  mereka  (orang  yang  beriman).  Walaupun  kamu  menginfakkan  semua  (kekayaan)  yang  berada  di  bumi,  niscaya  kamu  tidak  dapat  mempersatukan  hati  mereka,  tetapi  Allah  telah  mempersatukan  hati  mereka.  Sungguh,  Dia  Mahaperkasa,  Mahabijaksana. (Al-Anfal  [8]:  63)

Rasulullah  SaW,  tidak  hanya berhasil mempersatukan Aus dan Khazraj, tetapi juga berhasil mempersatukan dan mempersaudarakan antara Muhajirin dan  Anshar. Sejarah mencatat dengan tinta  emas, betapa indah tulusnya  persaudaraan antara Muhajirin dari Makkah dan Anshor di  Madinah.  Mereka rela berbagi apa saja untuk  saudara-saudara seiman. Demikianlah ukhuwah Islamiyah betul-betul  merupakan  nikmat  dari  Allah  yang  harus disyukuri dan dipelihara.

وَاعْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللّٰهِ جَمِيْعًا وَّلَا تَفَرَّقُوْا ۖوَاذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ اِذْ كُنْتُمْ اَعْدَاۤءً فَاَلَّفَ بَيْنَ قُلُوْبِكُمْ فَاَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهٖٓ اِخْوَانًاۚ وَكُنْتُمْ عَلٰى شَفَا حُفْرَةٍ مِّنَ النَّارِ فَاَنْقَذَكُمْ مِّنْهَا ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اٰيٰتِهٖ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَ (١٠٣)

Dan  berpegangtegulah  kamu  semuanya  dengan  tali  Allah,  dan  janganlah  kamu  bercerai  berai,  dan  ingatlah  akan  nikmat  Allah  kepadamu  ketika  kamu  dahulu  (masa  jahiliyah)  bermusuh-musuhan,  maka  Allah  mempersatukan  hatimu,  lau  menjadilah  kamu  karena  nikmat  Allah  orang-orang  yang  bersaudara.  Dan  kamu  telah  berada  di  tepi  jurang  neraka,  alu  Allah  menyelamatkan  kamu  dari  padanya.  Demikianlah  Allah  menerangkan  ayat-ayat-Nya  kepadamu,  agar  kamu  mendapat  petunjuk.  (Ali-Imran  [3]:  103)

Dari  kisah  di  atas  ada  beberapa  faktor  yang  memperkuat  bangunan  ukhuwah,  seperti  yang  diperankan  oleh  masyarakat  Nabi  Muhammad  SaW.  Pertama,  ukhuwah  pada  dasarnya  merupakan  refleksi  sosial  dari  kekuatan  tauhid (iman  dan  takwa) setiap  individu  yang  tergabung  di  dalamnya.  Sehingga  wujud  ukhuwah  ini  otomatis  menjadi  ukuran  kesalihan  dan  ketakwaan,  baik  secara  individu  maupun  kolektif.  Pesan  Al-Qur’an  yang  menyatakan  bahwa  “setiap  muslim  adalah  saudara”,  mengisyaratkan  kesan  bahwa  orang-orang  beriman  itu  hanyalah  mereka  yang  memelihara  dalam  dirinya  sikap  dan  perilaku  ukhuwah.

Kedua,  ukhuwah  merupakan  wujud  yang  mencerminkan  terpeliharanya  budaya  ta’awun  (tolong  menolong),  tasamuh  (toleran),  dan  sejumlah  budaya  positif  lainnya  yang  bersumber  pada  sifat-sifat  Rahman  dan  rahin-Nya.  Karena  itu,  Nabi  SaW  sendiri  menggambarkan  ukhuwah  sebagai  satu  kesatuan  jasad  yang  senantiasa  saling  memperkokoh  di  antara  bagian  yang  satu  dengan  yang  lainnya.

Dari  kedua  hal  di  atas,  ukhuwah  Islamiyah  adalah  merupakan  nikmat  dan  karunia  Allah  Allah  SwT  dalam  wujud  kesatuan  hati  dan  perasaan  yang  diberikan  kepada  hamba-hamba-Nya  yang  beriman  dan  bertakwa  (Ali  Imran  [3]:  103)  (Al  Anfal  [8]:  63).  Ukhuwah  Islamiyah  adalah  sesuatu  yang  menyatu  dengan  iman  dan  takwa.  Tidak  sempurna  iman  tanpa  ukhuwah  dan  tidak  ada  ukhuwah  yang  hakiki  tanpa  iman.  Tidak  ada  persaudaraan  yang  abadi  tanpa  takwa,  tidak  ada  takwa  yang  sempurna  tanpa  persaudaraan  (Al  Hujurat  [49]:  10)  (Az  Zukhruf  [43]:  67).  Jika  ukhuwah  Islamiyah  kosong  dari  iman  dan  takwa,  maka  yang  menjadi  ikatan  adalah  kepentingan  sesaat,  yang  tidak  mustahil  akan  mudah  retak  dan  rapuh  jika  terjadi  perbedaan  dalam  menyikapi  kepentingan  tersebut.

Ukhuwah  Islamiyah  bukan  hanya  untuk  kepentingan  dan  kemaslahatan  pribadi,  tetapi  ia  juga  mempunyai  tujuan  akhir,  yaitu  menunjang  terciptanya  kehidupan  yang  Islami.  Ukhuwah  memerlukan  pilar-pilar  untuk  menegakkannya.  Pilar-pilar  tersebut  adalah:

1 .  Bersikap husnudzon dan menjauhi sikap su’udzon di antara sesama muslim.

اَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اجْتَنِبُوْا كَثِيْرًا مِّنَ الظَّنِّۖ اِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ اِثْمٌ وَّلَا تَجَسَّسُوْا وَلَا يَغْتَبْ بَّعْضُكُمْ بَعْضًاۗ اَيُحِبُّ اَحَدُكُمْ اَنْ يَّأْكُلَ لَحْمَ اَخِيْهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوْهُۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ تَوَّابٌ رَّحِيْمٌ (١٢)

Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara  kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah  mati? Tentu  kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.  (Al Hujurat [49]: 12)

2. Berpegang pada tali Allah (Islam) secara kaffah dan dalam pergaulan hendaknya berpedoman serta mengacu pada ajaran Islam yang bersumberkan  Al-Qur’an  dan  Sunnah maqbulah.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ كَاۤفَّةً ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ (٢٠٨)

Wahai  orang-orang  yang  beriman!  Masuklah  ke  dalam  Islam  secara  keseluruhan,  dan  janganlah  kamu  ikuti  langkah-langkah  setan.  Sungguh,  ia  musuh  yang  nyata  bagimu.(Al  Baqarah  [2]:  208)

3. Berusaha untuk  terus  menerus  melaksanakan  hak-hak  sesama  muslim.

وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ اَنْ صَدُّوْكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اَنْ تَعْتَدُوْۘا وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ (٢)

Jangan  sampai  kebencian(mu)  kepada  suatu  kaum  karena  mereka  menghalang-halangimu  dari  Masjidilharam,  mendorongmu  berbuat  melampaui  batas  (kepada  mereka).  Dan  tolong-menolonglah  kamu  dalam  (mengerjakan)  kebajikan  dan  takwa,  dan  jangan  tolong-menolong  dalam  berbuat  dosa  dan  permusuhan.  Bertakwalah  kepada  Allah,  sungguh,  Allah  sangat  berat  siksaan-Nya.  (Al  Maidah  [5]:  6)

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم حَقُّ اَلْمُسْلِمِ عَلَى اَلْمُسْلِمِ سِتٌّ: إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ, وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ, وَإِذَا اِسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْهُ, وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اَللَّهَ فَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ, وَإِذَا مَاتَ فَاتْبَعْهُ . (رَوَاهُ مُسْلِمٌ)

Dari  Abu  Hurairah,  ia  berkata  bahwa  Rasulullah  bersabda,  “Hak  muslim  kepada  muslim  yang  lain  ada  enam.”  Beliau  bersabda,  ”Apabila  engkau  bertemu,  ucapkanlah  salam  kepadanya;  Apabila  engkau  diundang,  penuhilah  undangannya;  Apabila  engkau  dimintai  nasihat,  berilah  nasihat  kepadanya;  Apabila  dia  bersin  lalu  dia  memuji  Allah  (mengucapkan  ’alhamdulillah’),  doakanlah  dia  (dengan  mengucapkan  ’yarhamukallah’);  Apabila  dia  sakit,  jenguklah  dia;  dan  Apabila  dia  meninggal  dunia,  iringilah  jenazahnya  (sampai  ke  pemakaman).”  (HR.  Muslim)

Rasulullah bersabda  “Hak seorang muslim atas muslim lainnya ada lima  yaitu: menjawab  salam,  menengok  orang  sakit,  mengantarkan jenazah, mendatangi undangan,  mendoakan  orang  yang  bersin jika mengucapkan Alhamdulillah dengan ucapan yarhamukalloh. (Muttafakun alaih)

4. Menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan yang akan merusak ukhuwah Islamiyah, seperti menghina, ghibah, memfitnah, menyebarkan aib sesama saudara seiman, saling mencurigai dan lain sebagainya.

إِيَّا كُمْ وَالظَّنَّ فَإِنَّ الظَّنَّ أَكْذَبُ الْحَدِيْثِ وَلاَ تَحَسَّسُوا وَلاَ تَجَسَّسُوا وَلاَ تَحَاسَدُوا وَلاَتَدَابَرُوا وَلاَتَبَاغَضُوا وَكُوْنُواعِبَادَاللَّهِ إحْوَانًا

Berhati-hatilah kalian dari tindakan berprasangka buruk, karena prasangka buruk adalah sedusta-dusta ucapan. Janganlah kalian saling mencari berita kejelekan orang lain, saling memata-matai, saling mendengki, saling membelakangi, dan saling membenci. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara.  (HR.  Bukhari-Muslim).  Wallahu Alam

Suko Wahyudi, PRM Timuran Yogyakarta

 

Exit mobile version