Wujudkan Character Building, MPLS dan FORTASI SMK Muhammadiyah Gandeng TNI-POLRI

Wujudkan Character Building, MPLS dan FORTASI SMK Muhammadiyah Gandeng TNI-POLRI

Wujudkan Character Building, MPLS dan FORTASI SMK Muhammadiyah Gandeng TNI-POLRI

SEMPOR, Suara Muhammadiyah – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di sekolah Muhammadiyah di kenal dengan FORTASI (Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa) adalah kegiatan awal bagi peserta didik baru untuk mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan sekolah sebelum mulai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas.

FORTASI SMK Muhammadiyah Sempor Tahun Pelajaran 2023/2024 di laksanakan selama 1 pekan mulai hari senin-sabtu, 17-22 Juli 2023. Pembukaan Fortasi yang di ikuti oleh 45 siswa baru dilaksanakan pada hari senin, 17 Juli 2023 yang hadiri oleh pimpinan Cabang Muhammadiyah Sempor, Forkompimcam Kecamatan Sempor, Kepala Sekolah beserta Dewan Guru SMK Muhammadiyah Sempor.

IPMawati Nabila Nuraini selaku Ketua PR IPM SMK Muhammadiyah Sempor dalam sambutannya mengatatakan “disamping sebagai media untuk pengenalan dan adaptasi di lingkungan sekolah yang baru, MPLS dan FORTASI SMK Muhammadiyah Sempor juga bagian dari proses mengenal lebih dalam tentang perjuangan seorang pelajar untuk menggapai kesuksesan”.

Kepala SMK Muhammadiyah Sempor Ridwan Nursamsi, S.Pd.I menyampaikan, Pendidikan adalah investasi jangka panjang untuk kemajuan suatu bangsa, hasilnya belum bisa kita petik hari ini bisa jadi 10 tahun yang akan datang. Oleh karena itu menjadi tangung jawab bersama tidak hanya dari pihak sekolah saja tetapi dari orang tua, dan elemen bangsa lainnya. Sebagaimana tujuan kurikulum merdeka yaitu menuntun potensi bakat dan minat peserta didik dengan semangat kolaborasi yang kelak akan melahirkan generasi penerus yang siap saling mengisi dan melengkapi demi kemajuan bersama bukan saling menjatuhkan demi kepentingan pribadi.

Oleh karena itu, Fortasi SMK Muhammadiyah Sempor Tahun 2023 selama satu pekan ini kami akan berkolaborasi dengan pihak TNI dan Kepolisian. Tiga hari pertama Senin-Rabu di isi oleh panitia internal sekolah bersama pengurus IPM dengan pendalaman dan pemahaman Al Islam serta Kemuhammadiyahan sebagai basic gerakan. Sedangkan 3 hari berikutnya Kamis-Sabtu full menginap di sekolah, kami serahkan sepenuhnya kepada pihak TNI dan Polisi dalam hal ini Koramil dan Polsek Sempor dengan materi Kedisiplinan, tanggungjawab, jiwa korsa, wawasan kebangsaan serta pemahman yang kuat terhadap hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia. Jelas Ridwan

Sementara itu Forkompimcam kecamatan Sempor dalam sambutannya yang di wakili Polsek Sempor menyambut baik rencana kegiatan ini dan siap berkolaborasi untuk kegiatan Fortasi dan kegiatan lain berikutnya di SMK Muhammadiyah Sempor.

MPLS dan FORTASI di buka langsung oleh ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Sempor, Ayahanda Eko Setiyobudi, S.Pd.I, beliau juga menegaskan pentingnya kolaborasi/Gotong royong. Budaya gotong royong/ kolaborasi adalah budaya yang sudah mengakar di masyarakat dan menjadi penentu dalam kemajuan suatau masyarakat, akan tetapi hari ini budaya kolaborasi mulai terkikis seiring berjalalannya waktu. Melalui MPLS dan Fortasi SMK Muhammadiyah Sempor ini, harapan kami dapat menguatkan kembali semangat kolaborasi dikalangan generasi muda guna membangun bangsa.

Kamis (20/07/23) penyerahan peserta Fortasi dari pihak sekolah kepada Pembina dari TNI-POLRI yang diwakili oleh Koramil 03 Sempor dan Polsek Sempor dilakukan dengan seremonial di halaman SMK Muhammadiyah Sempor oleh Kepala SMK Muhammadiyah Sempor Bapak Ridwan Nursamsi, S.Pd.I dan di terima langsung oleh MOT dari Koramil dan Polsek Sempr yang di wakili oleh AIPTU Heru Widodo

Dalam penyerahan peserta fortasi tersebut Ridwan Nursamsi, S.Pd.I menyampaikan makna Al qur’an surat Annisa ayat 9, bahwa SMK Muhammadiyah Sempor berkomitmen untuk menyiapkan generasi yang kuat. Kuat fisiknya, kuat pikirnya, kuat daya tarungnya dan kelak menjadi generasi yang kuat ekonominya dalam menyonsong Indonesia emas 2045.
“Kalian adalah anak-anak hebat, anak-anak pilihan yang berani mengambil keputusan untuk mengikuti kegiatan ini” tutur Ridwan

Sementara itu, Alif Firmansyah peserta Fortasi Asal SMP Muhammadiyah Sempor setelah mendapatkan materi pertama dari TNI yaitu kedisiplinan melalui baris berbaris mengaku sangat senang karena mendapatkan didikan langsung dari militer.
“Senang karena saya besok ingin bekerja di pertambangan, kan ada pendidikan militernya jadi sudah terbiasa dan tidak kaget” jelas Alif

Rangkaian kegiatan MPLS dan FORTASI SMK Muhammadiyah Sempor tahun 2023 ini akan di tutup pada hari sabtu (22/07) mendatang dengan di serahkannya kembali peserta fortasi oleh Pembina dari TNI-POLRI kepada pihak sekolah dan di sambut oleh Orang tua/wali yang pada hari tersebut di undang ke sekolah. (Rasiman Al Fahrizi)

Exit mobile version